Dzikir Ba’da Shalat

islamic_prayer_worry_beads_silver_ivoryPara ulama sepakat (ijmak) mengatakan sunah berzikir sesudah shalat. Ada beberapa hadis sahih yang berkenaan dengan masalah ini, antara lain yang terpenting kami sebutkan di sini.
Dari Abu Umamah r.a., ia berkata:
“Rasulullah saw. ditanya orang: ‘Doa apakah yang paling diperhatikan Allah’? Nabi saw. menjawab: ‘Doa pada tengah malam terakhir dan doa pada akhir shalat wajib’.”(H.R. Tirmidzi, ia mengatakannya sebagai hadis hasan)
Dari ibnu Abbas r.a., ia berkata:
“Aku dapat mengetahui selesainya shalat Rasulullah saw. dengan (suara) takbir-Nya.”

(H.R. Bukhari dan Muslim)
Menurut jalan riwayat Muslim lainnya “Kami….”
Dari ibnu Abbas r.a.:
“Sesungguhnya menyaringkan suara dengan berzikir ketika orang sudah selesai mengerjakan shalat yang wajib adalah sudah terjadi sejak zaman Rasulullah saw.”
Ibnu Abbas menjelaskan lagi: “Aku dapat mengetahui bahwa mereka telah selesai shalat dengan demikian itu, apabila kebetulan aku mendengarnya.”(H.R. Bukhari dan Muslim)
Dari Tsauban r.a., ia berkata:
“Apabila Rasulullah saw. telah selesai dari shalatnya, ia mengucapkan istigfar tiga kali dan membaca:
Allahumma antas salaamu wa minkas salaamu tabaarakta dzal jalali wal ikraam.

(Ya Allah, Engkau Maha Sejahtera dan dari-Mu kesejahteraan itu. Mahasuci Engkau Tuhan Yang Mahabesar lagi Mulia).”(H.R. Muslim)

Dari Abu Hurairah r.a.:
“Sesungguhnya orang-orang miskin Muhajirin datang menghadap Rasulullah saw. lalu mereka berkata: ‘Orang-orang kaya pergi dengan membawa derajat yang tinggi dan nikmat yang abadi. Mereka laksanakan shalat sebagaimana kami, mereka berpuasa sebagaimana kami. Mereka memiliki kelebihan harta, lalu mereka laksanakan haji, umrah, jihad, dan sedekah’. Nabi saw. bersabda: ‘Maukah kuajarkan kepada kalian suatu amalan untuk dapat menyusul orang yang telah mendahului kalian dan terus mendahului orang yang berada di belakang kalian, serta tidak akan ada orang yang lebih afdal daripada kalian kecuali orang yang berbuat sebagaimana yang kalian lakukan’? Mereka menjawab: ‘Ya, wahai Rasulullah’. Nabi saw. bersabda: ‘Kalian ucapkan tasbih, tahmid, dan takbir sebanyak tiga puluh setiap habis shalat’.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Abu Shaleh. Salah seorang perawi hadis tersebut di atas mengatakan: Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a., ketika ia ditanya tentang cara melaksanakan zikir itu. Abu Hurairah menjelaskan:
“Bacalah: Subhaanallahi wal hamdu li laahi wal laahu akbar, diulang-ulang sampai tiga puluh tiga.”

Dari Ka’ab bin Ajrah r.a., dari Rasulullah saw., ia bersabda:
“Ada bacaan yang mengiringi (di belakang setiap shalat wajib), lagi pula orang yang membacanya atau melaksanakannya tiada akan kecewa karenanya. Itulah tiga puluh tiga kali tas-bih, tiga puluh tiga kali tahmid dan tiga puluh empat kali tak-bir.”

Dari Abu Hurairah r.a., dari Rasulullah saw., ia bersabda:
“Barang siapa bertasbih kepada Allah pada setiap selesai shalat tiga puluh tiga kali, bertahmid kepada Allah tiga puluh tiga kali, bertakbir kepada Allah tiga puluh tiga kali, dan mengucapkan:
Laa ilaaha illal laah wahdahuu laa syariika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai’in qadir.

(Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa. Tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan (langit dan bumi) dan bagi-Nya segala puji. Dan Dia Mahakuasa atas tiap-tiap sesuatu).
Sebagai penggenap yang keseratus, sesungguhnya diampuni segala kesalahannya walaupun sebanyak buih di laut.” (H.R. Muslim)
Dari Fadhaalah bin Ubaidillah, ia berkata, Rasulullah saw. bersabda:
“Apabila salah seorang dari kalian telah mengerjakan shalat hendaklah ia mulai dengan bertahmid (memuji) kepada Allah ta’ala kemudian mengucapkan selawat kepada Nabi saw. Kemudian berdoa sesuka hatinya.”
(H.R. ibnus Sunni dengan isnad dhaif)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: