Tinggalkan komentar

Nafkah dalam Kehidupan

Yang dimaksud dengan nafkah adalah semua kebutuhan dan keperluan yang berlaku menurut keadaan dan tempat, seperti pakaian, makanan dan sebagainya. Banyaknya nafkah yang diwajibkan adalah sekadar mencukupi keperluan dan kebutuhan serta mengingat keadaan dan kemampuan yang berkewajiban menurut kebiasaan masing-masing tempat.
Sebab-sebab yang mewajibkan nafkah adalah :
1. Sebab keturunan, bapak atau ibu (kalau bapak tidak ada), wajib memberi nafkah kepada anaknya, begitu juga kepada cucunya jika tidak mempunyai bapak. Syarat wajibnya nafkah kedua ibu bapak kepada anak ialah apabila si anak masih kecil dan miskin, atau sudah besar tetapi tidak kuat berusaha dan miskin pula. Begitu pula sebaliknya, anak wajib memberi nafkah kepada kedua ibu bapaknya apabila keduanya tidak kuat lagi berusaha dan tidak mempunyai harta.
2. Sebab pernikahan, suami diwajibkan memberi nafkah kepada istrinya yang taat, baik makanan, pakaian, tempat tinggal, perkakas rumah tangga dan lain-lain menurut keadaan di tempat masing-masing dan menurut kemampuan suami. Banyaknya nafkah adalah menurut kebutuhan dan kebiasaan yang berlaku di tempat masing-masing, disesuaikan dengan tingkatan dan keadaan suami. Firman Allah (al baqarah 228); Dan para wanita mempunyai hak (nafkah) yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang ma’ruf. Dari ayat tersebut jelaslah bahwa nafkah seorang istri itu harus sesuai dengan ketaatannya. Seorang istri yang durhaka kepada suaminya tidak berhak mendapatkan segala nafkah. Rasulullah saw, bersabda : Takutlah kepada Allah dalam urusan perempuan, karena sesungguhnya kamu mengambil mereka dengan kepercayaan Allah, dan halal bagimu mencampuri mereka dengan kalimat Allah, dan diwajibkan atas kamu memberi nafkah dan pakaian kepada mereka dengan cara yang sebaik-baiknya (pantas). (HR Muslim). Ayat dan hadis tersebut tidak memberikan ketentuan kadar nafkah itu, hanya dengan kata-kata ma’ruf (pantas), berarti menurut keadaan suatu tempat dan disesuaikan dengan kemampuan suami serta kedudukannya dalam masyarakat.
3. Sebab milik, seseorang yang memiliki binatang wajib memberi makan binatang itu, dan dia wajib menjaganya jangan sampai diberi beban lebih dari semestinya. Rasulullah saw, bersabda : Dari Ibnu Umar, bahwasanya Nabi saw, telah bersabda, seorang perempuan telah disiksa lantaran dia mengurung seekor kucing, tidak diberinya makan dan tidak pula diberinya minum, sehingga kuccing itu mati. (HR Bukhari dan Muslim)

RENUNGAN

Istri Abu Sufyan telah mengadukan masalahnya kepada Rasulullah saw, dia berkata : Abu Sufyan seorang yang kikir, tidak memberi saya dan anak saya nafkah selain yang saya ambil dengan tidak diketahuinya. Apakah yang demikian itu memudaratkan saya ? Jawab beliau : Ambil olehmu dari hartanya dengan baik, sekadar untuk mencukupi keperluanmu dan anakmu. (Sepakat ahli hadis)

Beberapa hadis.
Dari Abu Hurairah. Ia berkata, Rasulullah saw, tellah memberi pelajaran. Sabda beliau, Mu’min yang sempurna imannya ialah yang paling baik pribadinya, dan sebaik-baik pribadi ialah orang yang paling baik kepada istrinya. (HR Ahmad dan Tirmidzi)

Dari Ummu Salamah, Sesungguhnya Nabi saw, telah bersabda, Barangsiapa di antara perempuan yang mati dan ketika itu suaminya rela kepadanya, maka perempuan itu akan masuk surga. (HR Ibnu Majah dan Tirmidzi)

Dari Abu Hurairah. Ia berkata, Rasulullah saw, telah bersabda, Apabila seorang suami mengajak istrinya ke tempat tidur, tetapi istrinya membantah ajakan suaminya, lalu suami marah sepanjang malam itu, maka sepanjang malam itu pulalah malaikat-malaikat terus-menerus mengutuki si istri itu. (Sepakat ahli hadis)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: