Tinggalkan komentar

Pesan dari Sebuah Kematian

Turut berdukacita kepada anda yang sedang dilanda musibah, kehilangan salah seorang anggota keluarga yang dicintainya.
Mati merupakan pesan yang dipandang cukup bagi orang Islam.
Rosululloh SAW bersabda:
Perbanyaklah mengingat mati, karena ingat terhadap mati itu dapat menghilangkan dosa dan dapat menjadikan zuhud terhadap dunia.
Pandai-pandainya manusia yaitu orang-orang yang paling banyak ingat terhadap mati dan yang paling banyak kehati-hatiannya, orang-orang yang demikian itulah orang-orang yang pandai, orang yang demikian itu orang yang mati dengan kemulyaan dunia dan karomahnya akhirat.

Dari hadist tersebut Rosululloh SAW memerintahkan kepada kita supaya banyak-banyak dalam mengingat mati, supaya kita dapat memperbanyak amal sholeh untuk menghadapi mati. Karena sesudah mati akan ada kehidupan lagi yaitu kehidupan akhirat. Dan perlu kita ketahui bahwa mati ini akan mendatangi setiap manusia. Dan apabila telah tiba pada waktunya tiada yang dapat menghalanginya.
Allah berfirman :
Dimana saja kamu berada, maut akan menemui kamu semua, walau kamu semua berada dalam benteng yang kokoh. (An Nisa’: 78*)
Tiap-tiap golongan ummat itu mempunyai batas ajal. Dan pada saat batas ajal itu datang, maka golongan ummat tersebut tidak dapat minta mundur sedikitpun dan tidak dapat minta maju. (Yunus :49*)

Ayat-ayat tersebut dapat kita jadikan pelajaran bahwa maut ini yang mengetahui dan yang menentukan hanyalah Allah. Dan apabila telah sampai waktunya, kita sudah tidak dapat minta diundur meskipun hanya sebentar. Telah banyak contohnya; orang yang mati mendadak yang diluar perkiraan.

Senyampang kita masih diberi hidup oleh Allah SWT, kita harus siap-siap benar dengan amal-amal sholeh sebanyak-banyaknya. Dan marilah bersama-sama memohon mudah-mudahan kita terpanggil kehadirat Allah SWT dalam keadaan tetap iman dan Islam. Dan mudah-mudahan kita semua mendapatkan husnul khotimah. Aamiin yaa robbal ‘aalamiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: