2 Komentar

Keutamaan Al Qur’an

quranAbu Laits Assamarqandi meriwayatkan dengan sanadnya dari Abdullah bin Mas’ud ra, berkata :
Al Qur’an itu dapat memberi syafa’at (pembelaannya) dan akan diterima syafa’atnya, juga menjadi penuntut yang sangat dipercaya, maka siapa yang menjadikan Qur’an sebagai pimpinannya pasti dituntun ke sorga, dan siapa yang meletakkan Qur’an disamping belakangnya pasti ditarik (diseret) ke dalam neraka.
Dalam riwayat yang lain disebutkan :
Sesungguhnya Qur’an ini sebagai hidangan jamuan Allah, maka pelajarilah hidangan jaamuan Allah itu sedapat-dapatnya. Sesungguhnya Qur’an ini sebagai tali hubungan kepada Allah yang sangat kukuh, dan sebagai cahaya yang menerangi, dan obat penyembuh yang sangat berguna, dapat memelihara siapa yang berpegang padanya, dan menyelamatkan siapa yang mengikutinya, tidak kuatir berbelok untuk ditegakkan, dan tidak tersesat untuk diulang, tidak akan habis nikmat mutiaranya, tidak lapuk karena sering diulang-ulang. Bacalah ia, maka Allah akan memberimu pahala untuk tiap huruf sepuluh kebaikan, ingatlah aku tidak mengatakan alif-lam-mim itu hanya sepuluh, tetapi alif sepuluh, lam sepuluh dan mim sepuluh.

Yazid bin Abi Habib, berkata : Nabi saw, bersabda :
Siapa yang mempelajari Al Qur’an, maka Allah akan meringankan siksaan terhadap kedua orang tuanya meskipun keduanya kafir.

Abdullah bin Amir bin Al Ash ra, berkata :
Siapa yang membaca Al Qur’an, maka seolah-olah kenabian itu telah mengelilingi dirinya, hanya saja ia tidak menerima wahyu secara langsung. Dan siapa yang telah pandai membaca Qur’an lalu merasa ada orang yang diberi lebih daripadanya, maka ia telah meremehkan apa yang diagungkan oleh Allah dan membesarkan apa yang diremehkan Allah, dan orang yang mengerti Al Qur’an tidak boleh masa bodoh sebagaimana orang-orang yang bodoh, atau menyesal dan dengki seperti lain-lain orang, tetapi ia harus lapang dada dan suka memaafkan.
Mu’adz bin Jabal ra, berkata : Nabi saw, bersabda :
Tiga macam yang asing di dunia ini : 1. Qur’an di dalam dada orang dhalim. 2. Orang shalih ditengah kaum yang jahat. 3. Qur’an di dalam rumah yang tidak dibaca.
Uqbah bin Amir , berkata : Nabi saw, bersabda :
Orang yang membaca Al Qur’an dengan suara perlahan-lahan bagaikan orang yang merahasiakan sedekahnya, dan yang membaca dengan suara keras (lantang) bagaikan orang yang bersedekah terang-terangan.

Abu Umamah berkata, Nabi saw menjelaskan keutamaan Al Qur’an :
Belajarlah kamu akan Al Qur’an, maka ia kelak di hari qiamat akan datang pada ahlinya ketika sangat berhajat kepadanya, lalu ia datang dengan bentuk seindah-indahnya, lalu bertanya ; kenalkah kau kepadaku ? Dijawab ; siapakah engkau ? Jawabnya; akulah yang kamu cintai dan kamu sanjung, bahkan kamu telah bangun malam untukku, dan biasa membacaku di siang hari. Lalu ia berkata ; Kemungkinan kau Al Qur’an, kemudian menuntun orangnya menghadap kepada Allah, lalu diberi kerajaan di tangan kanan dan kekal di tangan kiri, dan dipasang mahkota di atas kepalanya, dan kedua orangtuanya yang muslim diberi perhiasan yang tidak dapat ditukar dengan dunia walau berlipat ganda, sehingga keduanya bertanya ; dari manakah kami mendapatkan ini, padahal amal kami tidak sampai sini ? Lalu dijawab ; ini kamu dapatkan karena anakmu telah mempelajari Al Qur’an, maka kamu diberi ini.

RENUNGAN

Haram merobek-robek sesuatu yang di dalamnya tertulis ayat-ayat Al Qur’an, atau menggunakannya sebagai permainan, atau menelannya, tidak menempatkannya lebih tinggi dari tanah, atau menjulurkan kaki ke arah Al Qur’an dan bahkan kita disunnahkan menghormati Al Qur’an sebagaimana menghormati orang alim.

Diceritakan oleh Yusuf Al Maliki bahwa Imam Abu Bakar bin Faurak enggan tidur di dalam yang di situ terdapat Al Qur’an. Apabila ia hendak tidur, maka Al Qur’an itu lebih dulu dipindah dari tempatnya. Hal itu dilakukan semata-mata untuk menghormati kitab Allah.

2 comments on “Keutamaan Al Qur’an

  1. jazakallah postingannya…sangat mencerahkan…alhamdulillah…

  2. katetapan haram itu sudah tidak bisa di ganggu gugat lagi..hanya alloh yang bisa mengatakan wewenang haram..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: