1 Komentar

Masih Perlukah Cara Klasik Belajar Baca Qur’an ?

quranSeiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama di bidang pendidikan, berkembang pula metode-metode pembelajaran yang digunakan. Kesemuanya itu bertujuan untuk mempermudah dan mempersingkat waktu proses pentransferan ilmu dan pengasahan keterampilan.

Demikian pula dalam masalah belajar membaca Al Qur’an, banyak metode yang dicoba untuk digunakan seperti misalnya; qira-ati, an-nur, quantum dan sebagainya, yang insyaallah semuanya memperoleh hasil yang gemilang. Namun demikian kita juga perlu menengok kembali cara-cara klasik yang digunakan sejak awal, yang saat inipun masih banyak digunakan dipelosok-pelosok negeri. Alhasil metode inipun terbukti bahwa sejak awal al qur’an tetap terpelihara dan kitapun tahu bahwa Al Qur’an dalam penjagaan Allah SWT. Cara-cara klasik ini insyaallah lebih banyak menekankan kepada ; mendengar, menyimak dan menirukan sang guru. Kita semua tahu bahwa manusia adalah makhluk yang diberi kelebihan oleh Allah untuk mudah meniru atau melakukan sesuatu sebagaimana yang didengar, dilihat dan dirasakannya. Dalam hal ini sang guru mempunyai peranan yang sangat penting, karena semuanya akan ditiru. Baik itu penguasaan huruf-hurufnya, hukum-hukum bacanya maupun lagunya. Pengenalan terhadap pembacaan apakah itu mujawwad ataupun murattal dan lagu yang digunakannya apakah itu bayaati, shobaa, hijaaz dan lain sebagainya, turut mewarnai proses pembelajarannya.

Pada masa sekarang ini teknologipun ikut mewarnai cara pembelajaran klasik sehingga tampak seperti suatu hal yang modern, baik itu dengan perangkat audio maupun audio visual bahkan dengan program-program komputer. Seperti yang sekarang banyak kita jumpai mp3 Qur’an, VCD Qur’an dan sejenisnya. Hal ini sangat membantu para guru ngaji dalam menularkan ilmunya kepada para santri. Insyaallah penggunaan teknologi dalam cara pembelajaran klasik, juga merupakan cara yang sangat baik dan akan tetap dapat diterapkan. Wallahu a’lam.

Sebagai bahan untuk dipertimbangkan :
1. Mp3 Qur’an bisa DOWNLOAD DI SINI
2. Software Qur’an bisa DOWNLOAD DI SINI

q505-www-alquran-digital-saku-com

One comment on “Masih Perlukah Cara Klasik Belajar Baca Qur’an ?

  1. Amiin…Semoga Allah membimbing umat nya yg muslim untuk menjalani perintah-perintah yg baik buat akhir hidupnya nanti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: