2 Komentar

Mensyukuri Nikmat Allah

blue6Orang-orang banyak yang menumpuk-numpuk emas dan perak namun tidak mau infaq dengan harta tersebut di jalan Allah, yang demikian itu tadi berbanggalah dengan siksa yang sangat keras, yaitu di saat emas dan perak dibakar di neraka jahannam, kemudian dituangkan pada dahinya dan lambungnya dan punggungnya dengan dikatakan; Inilah harta bendamu yang engkau tumpuk-tumpuk untuk dirimu! Rasakanlah pembalasan untukmu yang menumpuk-numpuk harta benda.

blue6

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

اَلْحَمْدُلِلَّهِ الْغَفُوْرُالشَّكُوْر. وَنَبَّهَنَااَنْ لاَيَغُرَّنَّنَابِهِ الْغَرُوْر. وَاَمَرَناَبِاْلاِعْرَاضِ عَنِ الدُّنْيَامَتَاعِ الْغُرُوْرِ وَرَأْسِ الشُّرُوْر. اَشْهَدُاَنْ لاَاِلهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِ يْكَ لَهُ شَهَادَةً اَلْقِىْ بِهَا الشُّرُوْر. وَاَشْهَدُاَنَّ سَيِّدَنَامُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ سِرَاجُ الصُّدُوْر. اَللّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلىَ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍوَعَلى آلِه وَصَحْبِه عَلى مَمَرِّالدُّهُوْر. وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًاكَثِيْرًا

اَمَّابَعْدُ: فَيَا عِبَادَالله!! اُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِى بِتَقْوَى الله وَطَاعَتِه لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

Hadirinalkirom rohimakumulloh,..
Marilah kita meningkatkan taqwa kita kepada Allah SWT dengan sebenar-benarnya taqwa. Supaya kita semua termasuk golongan orang-orang yang beruntung, bahagia sejahtera fiddunnya wal akhiroh.
Dan perlu kita ketahui bahwa syukur kepada Allah SWT merupakan perkara yang diperintahkan dalam Islam. Apalagi saat kita diberi keluasan rizki. Oleh karena itu orang yang diberi keluasan rizki harus banyak bersyukur kepada Allah SWT, karena harta benda yang diberikan di dunia ini kelak di hari qiyamat akan ditanyakan semuanya.
Sedangkan cara kita bersyukur menurut Imam Hamid Al Gozali ada tiga, yaitu:
1. Syukur menggunakan lisan, yaitu syukur dengan ucapan ; alhamdulillahi robbil ‘alamin.
2. Syukur dengan perbuatan, maksudnya; nikmat yang telah diberikan Allah digunakan untuk taat kepadaNya seperti halnya untuk bekal ibadah, menafkahi keluarga, zakat, shodaqoh dan lain-lainnya. Oleh karena itu marilah, jika diberi keluasan rizki oleh Allah supaya kita gunakan sebaik-baiknya.
Allah berfirman di dalam al quranulkarim:

لَئِنْ شَكَرْتُمْ لاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِىْ لَشَدِيْد

Tentulah jika syukur kamu semua sungguh akan aku tambah, dan  tentulah jika kufur kamu semua maka sesungguhnya siksaku  amatlah pedih.
Syukur yang dimaksud pada ayat tersebut adalah syukur dengan  perbuatan. Oleh karena itu jangan sampai rizki yang banyak yang diberikan Allah kepada kita dihambur-hamburkan untuk perkara yang tidak ada gunanya manurut syara’, hanya untuk mewah-mewahan yang akhirnya mendatangkan terhadap takabbur dan kemaksiatan.
3. Syukur yang ketiga ini, syukur dengan hati; artinya jika kita melihat nikmat kemudian ingat kepada zat yang memberi nikmat, yaitu Allah SWT. Oleh karena itu jika kita melihat nikmat, kita harus selalu ingat kepada Allah SWT.

Hadirinalkirom rohimakumulloh,..
Dalam menjalani hidup di dunia ini, janganlah sampai kita menjadi orang yang menumpuk-numpuk harta benda tetapi tidak digunakan untuk hal-hal yang baik yang diridloi Allah SWT.
Karena Allah telah berfirman di dalam al quranulkarim:

وَالَّذِيْنَ يَكْنِزُوْنَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلاَيَنْفِقُوْنَهَافِى سَبِيْلِ اللهِ فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ اَلِيْم. يَوْمَ يُحْمى عَلَيْهَافِى نَارِجَهَنَّمَ فَتُكْوى بِهَاجِبَاهُهُمْ وَجُنُوْبُهُمْ وَظُهُوْرُهُمْ هذَامَاكَنَزْتُمْ لاَنْفُسِكُمْ فَذُوْقُوْا مَاكُنْتُمْ تَكْنِزُوْن

Orang-orang banyak yang menumpuk-numpuk emas dan perak namun tidak mau infaq dengan harta tersebut di jalan Allah, yang demikian itu tadi berbanggalah dengan siksa yang sangat keras, yaitu di saat emas dan perak dibakar di neraka jahannam, kemudian dituangkan pada dahinya dan lambungnya dan punggungnya dengan dikatakan; Inilah harta bendamu yang engkau tumpuk-tumpuk untuk dirimu! Rasakanlah pembalasan untukmu yang menumpuk-numpuk harta benda.

Demikianlah ancaman Alloh SWT, masyaAllah sangat mengerikan. Mudah-mudahan kita tidak dimasukkan golongan orang-orang yang hatinya terpikat kepada dunia sehingga tidak mau menggunakan harta bendanya di jalan kebagusan.

جَعَلَنَااللهُ وَاِيَّاكُمْ مِنَ الْمُنْفِقِيْنَ فِى سَبِيْلِهِ. وَحَشَرَنَايَوْمَ الْقِيَامَةِ مَـعَ النَّبِيِّـيْنَ وَالصِّدِّيْقِـيْـنَ وَالشُّهَــدَاءِوَالصَّلِحِيْــنَ وَخِيَارَه. اَعُوْذُبِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. لاَيَغُرَّنَّكَ تَقَلُّبُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْافِى الْبِلاَدِ. مَتَاعٌ قَلِيْلٌ ثُمَّ مَأْوَهُمْ جَهَنَّمُ. وَبِئْسَ الْمِهَادُ

بَارَكَ اللهُ لِى وَلَكُمْ فِى الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ . وَنَفَعَنِىْ وَاِيَّاكُمْ بمَافِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِالْحَكِيْــمِ وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْوَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْـنَ

2 comments on “Mensyukuri Nikmat Allah

  1. semoga kita semua bisa bersyukur dlm keadaan senang maupun susah!
    tukeran link yuk?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: