Tinggalkan komentar

Shalat bagi Orang Sakit

Orang yang sedang sakit selama akalnya masih sehat, diwajibkan juga melakukan shalat yang lima waktu. Karena shalat lima waktu itu fardhu ‘ain atas tiap-tiap mukallaf (yang sampai umur) yang tidak boleh ditinggalkan atau dilalaikan. Udzurnya hanya diwaktu tidur dan lupa. Jika seseorang tidak kuasa berdiri sebab sakit, dibolehkan shalat dengan duduk. Jika tidak kuasa duduk, dibolehkan shalat berbaring. Jika tidak kuasa berbaring dibolehkan shalat terlentang atau seberapa kuasanya, sehingga dibolehkan juga dikerjakan dalam hati.

Adapun caranya shalat duduk yaitu :

Duduklah seperti duduk tahyat awal atau bersila, lalu berniat dan bertakbir serta letakkanlah kedua tangan di atas pusat. Kemudian membaca do’a iftitah, fatihah seperti biasa, setelah itu ruku’lah dengan menundukkan kepala setentang dahi dengan tempat sujud, dan bacalah tasbihnya ruku’. Sesudah itu i’tidal, yaitu duduk kembali seperti semula dan lepaskanlah kedua tangan serta bacalah tasbihnya i’tidal. Sesudah itu sujudlah sebagaimana sujud biasa dan bacalah tasbihnya. Begitulah seterusnya hingga salam.

Adapun caranya shalat berbaring yaitu :

Hendaklah berbaring di atas rusuk yang kanan dengan menghadapkan muka, dada, perut dan kaki ke arah kiblat, lalu berniat dan bertakbir seperti biasa. Jikalau kuasa ruku’ dan sujud itu dilakukuan seperti shalat duduk, dan jika tidak kuasa boleh diisyaratkan dengan kepala, isyarat sujud lebih rendah dari pada isyarat ruku’. Jika tidak kuasa dengan isyarat kepala, isyaratkanlah dengan kelopak mata. Kemudian jikalau tidak kuasa juga, maka kerjakanlah dalam hati selama akal kita masih sehat, begitulah caranya hingga salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: