Tinggalkan komentar

Bahan Renungan di Keheningan 1

اِقرَءُواالقُراَن فَاِنَّهُ يَأتِىيَومَ القِيَامَةِ شَفِيعًا ِلاَصحَابِهِ . روه مسلم

Bacalah Al Quran oleh kalian, karena sesungguhnya Al Quran itu kelak di hari kiamat akan datang sebagai pemberi syafaat kepada orang-orang yang membacanya. (HR Muslim)

مَنِ استَمَعَ اِلىَ اَيَةٍ مِن كِتَابِ لله كَتَبَ الله لَهُ حَسَنَةً مُضَاعَفَةً وَمَن تلَىَاَيَةً مِن كِتَابِ لله كَنَت لَهُ نُورًا يَومَ القِيَامَةِ

Barangsiapa mendengarkan ayat Al Quran (yang dibaca orang lain), Alloh mencatat untuknya kebaikan yang berlipat ganda. Dan barangsiapa membaca ayat Al Quran kelak ayat yang dibacanya itu merupakan cahaya baginya di hari kiamat. (HR Ahmad)

مَن قَرَأَالقُراَن فَليَسِأَلِ الله بِهِ فَاِنَّهُ سَيَجِىءُ أَقوَامٌ يَقرَءُونَ القُراَنَ يَسأَلُونَ بِهِالنَّاسَ . روه الترمذى

Barangsiapa membaca Al Quran, maka hendaknya ia meminta kepada Alloh melalui Al Quran, karena sesungguhnya kelak akan datang banyak kaum yang membaca Al Quran, lalu mereka meminta-minta kepada manusia dengan melalui Al Quran. (HR Turmudzi)

مَن قَرَأَ يس مَرَّةً فَكَاَنَّمَا قَرَأَالقُراَن مَرَّتَينِ

Barangsiapa membaca surat Yaasiin sekali, seakan-akan telah membaca (menghatamkan) Al Quran dua kali. (HR Abu Said)

مَن قَرَأَ يس ابتِغَاءِ وَجهِ الله غُفِرَلَهُ مَاتـَقَدَّمَ مِن ذَنبِهِ فَاقرَأُوهَا عِندَ مَوتَاكُم

Barangsiapa membaca surat Yaasiin dengan niat semata karena ingin mendapat ridlo Alloh, maka dosa-dosanya yang terdahulu diampuni. Maka bacakanlah surat Yaasiin di sisi orang-orang mati diantara kamu.

مَن قَرَأَ يس فِى لَيلَةٍ أَصبَحَ مَغفُورًالَهُ

Barangsiapa membaca surat Yaasiin di waktu malam, maka di pagi harinya ia diberi ampun. (HR- Abu Na’im)

مَن زَارَ قَبرَ وَالِدَيهِ أَوأَحَدِهِمَا يَومَ الجُمُعَةِ فَقَرَأَ عِندَهُ يس غُفِرَلَهُ

Barangsiapa menziarahi kuburan kedua orang tuanya atau salah satu diantara keduanya pada hari Jum’at, lalu ia membacakan surat Yaasiin di kuburannya, niscaya ia akan mendapatkan ampunan (Alloh). (HR Ibnu ‘Addi)

مَن زَارَ قَبرَ أَبَوَيهِ أَوأَحَدِهِمَا فِى كُلِّ جُمُعَةٍ مَرَّةً غُفِرَ لَهُ وَكُتِبَ بَرًّا

Barangsiapa menziarahi kuburan kedua orang tuanya, atau salah satu diantara keduanya sekali setiap hari Jum’at, maka ia diampuni dan dicatat sebagai orang yang berbakti. (HR Al Hakim)

مَامِن عَبدٍ مُسلِمٍ يَدعُوِلاَخِيهِ بِظَهرِالغَيبِ اِلاَّقَالَ المَلَكُ وَلَكَ بِمِثلِ ذَلِكَ

Tiada seorang hamba muslimpun mendo’akan saudaranya tanpa sepengetahuannya kecuali malaikat mengatakan: “Dan bagimu hal yang serupa”. (HR Muslim dan Abu Daud)

اَربَعُ دَعَوَاتٍ لاَتُرَدُّ: دَعوَةُ الحَاجِّ حَتَّىيَرجِع وَدَعوَةُ الغَازِي حَتَّى يَصدُر وَدَعوَةُ المَرِيضِ حَتَّىيَبرَأَ وَدَعوَةُ الاَخِ ِلاَخِيهِ بِظَهرِ الغَيبِ وَأَسرَعُ هَؤُلاَءِ الدَّعَوَاتِ اِجَابَةً دَعوَةُ الاَخِ ِلأَخِيهِ بِظَهرِ الغَيبِ

Empat doa yang tidak akan ditolak, yaitu: doa orang yang hajji hingga ia kembali, doa orang yang berjihad hingga berhenti, doa orang yang sakit hingga sembuh, doa seseorang terhadap saudaranya tanpa sepengetahuannya. Doa yang paling cepat diterima diantara doa-doa tersebut adalah doa seseorang terhadap saudaranya tanpa sepengetahuannya. (HR Ad Dailami)

مَنِ استَغفَرَ لِلمُؤ مِنِينَ وَالمُؤ مِنَاتِ كَتَبَ اللهُ لَهُ بِكُلِّ مُؤ مِنٍ وَمُؤ مِنَةٍ حَسَنَةً

Barangsiapa memohonkan ampunan buat mukminin dan mukminat, niscaya Alloh mencatat satu kebaikan baginya kepada setiap mukmin laki-laki dan mukmin perempuan yang didoakannya. (HR Ath Thabrani)

Hadis-hadis tersebut dikutip dari kitab:
Irsyadul ‘Ibad ila Sabilir Rasyad (Syaikh Zainuddin Al Malibary)
Mukhtarul Ahadits An-Nabawiyah (Sayid Ahmad Al Hasyimi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: