1 Komentar

Mendatangi Shalat Jumat

agungSa’ad bin Ubadah mengatakan bahwa di hari Jum’at ada saat yang mustajab, jika kita berdo’a tepat pada saat itu pasti dikabulkan oleh Allah. Dan ingin rasanya kita untuk mengetahui dimana tempat saat itu.

agung

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

اَلْحَمْدُلِلَّهِ الَّذِىْ فَضَّلَ يَوْمَ الْجُمْعَةِ عَلىَ سَائِرِاْلاَيَّامِ. وَجَعَلَهُ سَيِّدَاْلاَيَّامِ. اَشْهَدُاَنْ لآاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ ذُولْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ. وَاَشْهَدُاَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُه ُوَرَسُوْلُهُ صَحِيْحُ اْلاِسْلاَمِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍوَعَلىَ آلِهِ وَاَصْحَابِهِ الْكِرَامِ

اَمَّابَعْدُ: فَيَاعِبَادَالله !! اِتَّقُوااللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ فَادْخُلُوا الْجَنَّةَ بِالسَّلاَمِ

Hadirinalkirom rohimakumulloh,..
marilah kita bersama-sama meningkatkan taqwa kita kepada Allah SWT, dengan cara memperbanyak dzikir dan rasa syukur serta melaksanakan semua perintah-Nya dan menjahui segala larangan-Nya.
Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang telah menjadikan bumi seisinya demi untuk kepentingan manusia. Apa saja yang menjadi kebutuhan manusia semuanya telah dipersiapkan oleh Allah. Sungguhpun demikian, masih banyak juga yang aniaya. Kebanyakan dari mereka tidak mau tahu sehingga jauh dari rasa syukur kepada Allah. Padahal kalau mereka benar-benar mau menggunakan akal fikirannya, pasti hati kecilnya mengatakan: betapa besar kasih sayang Allah kepada manusia. Sehingga akan membawanya untuk ta’at kepada Alloh. Hanya saja kadang-kadang banyak yang salah paham dan bermalas-malas untuk ta’at kepada-Nya.
Padahal Allah telah menjanjikan kedudukan yang tinggi bagi orang-orang yang ta’at. Sebagaimana firman-Nya di dalam Al Quranulkariim:

وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَالرَّسُوْلَ فَأُولَئِكَ مَعَ الَّذِيْنَ اَنْعَمَ اللهُ عَلَيْهِمُ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ

Artinya:
Barangsiapa ta’at kepada Allah dan Rosul, maka mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang diberi nikmat oleh Allah, yakni golongan para Nabi, shodikin, Syuhadak, dan Sholihin.

Hadirinalkirom rohimakumulloh,..
Kasih sayang Allah kepada hambanya tidak pernah kunjung padam, maka sudah seharusnya kita sebagai hamba Allah senantiasa menyibukkan diri untuk ta’at kepada-Nya. Hari-hari silih berganti, semakin saja membawa kita bertambah dekat ke liang kubur. Untuk itu kita harus pandai-pandai menggunakan hari-hari tersebut yaitu dengan memperbanyak amal kebaikan.
Kita ketahui bahwa tiap-tiap hari mempunyai nama yang berbeda-beda dan berbeda-beda pula keistimewaan yang diberikan Allah kepadanya. Bahkan ada salah satu dari hari yang tujuh itu mempunyai keutamaan yang besar, yaitu hari Jum’at seperti hari ini. Sehingga dikatakan; beruntunglah seorang muslim yang matinya tepat pada hari Jum’at atau malam Jum’at.
Sebagaimana Rosululloh SAW. Bersabda:

مَامِنْ مُسْلِمٍ يَمُوْتُ يَوْمَ الْجُمْعَةِ اَوْلَيْلَةِ الْجُمْعَةِ اِلاَّ وَقَاهُ اللهُ تَعَالىَ مِنْ فِـتْـنـَةِ الْقَـبْـرِ

Artinya:
Tiada seorang muslim yang mati pada hari Jum’at atau malam Jum’at, melainkan Allah akan menyelamatkan dari siksa kubur.

Hadirinalkirom rohimakumulloh,..
Sa’ad bin Ubadah mengatakan bahwa di hari Jum’at ada saat yang mustajab, jika kita berdo’a tepat pada saat itu pasti dikabulkan oleh Allah. Dan ingin rasanya kita untuk mengetahui dimana tempat saat itu. Menurut hadis riwayat Imam Muslim dan Abu Dawud, Rosululloh memberitahukan kepada kita melalui sabdanya:

اِنَّ سَاعَةَ اْلاِجَابَةِ مَابَيْنَ اَنْ يَجْلِسَ اْلاِمَامُ اِلىَ اَنْ تُقْضَى الصَّلاَةُ

Artinya:
Sesungguhnya saat yang mustajab itu diantara duduknya imam diantara khutbah hingga selesai sholat Jum’at.

Untuk itu rugilah orang yang tidak mau mendatangoi sholat Jum’at, sedangkan sholat Jum’at merupakan kewajiban bagi kita.
Sebagaimana sabda Rosululloh SAW.:

اَلْجُمْعَةَ حَقٌّ وَاجِبٌ عَلىَ كُلِّ مُسْلِمٍ فِى جَمَاعَةٍ اِلاَّعَلىَ اَرْبَعَةٍ: عَبْدٌمَمْلُوْكٍ اَوِامْرَأَةٍ اَوْصَبِيّ ٍاَوْمَرِيْضٍ

Artinya:
Sholat Jum’at itu wajib bagi setiap muslim dengan berjamaah kecuali empat orang: hamba sahaya, wanita, anak-anak dan orang yang sakit.
Hadis tersebut sesuai dengan firman Allah:

يَآاَيُّهَاالَّذِيْنَ آمَنُوْااِذَنُوْدِىَ لِلصَّلاَةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمْعَةِ فَاسْعَوْا اِلىَ ذِكْرِاللهِ وَذَرُوالْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌلَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya:
Hai orang-orang yang beriman, jika kamu dipanggil untuk sholat Jum’at, maka segeralah kamu pergi menuju mengingat Allah dan tinggalkan jual-beli, demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Demikian pula jika kita mau menggunakan sebaik-baiknya akan hari itu, misalnya kita isi dengan membaca sholawat nabi, tentu kita akan mendapatkan keberkahan dari sebab keutamaan hari Jum’at itu.
Oleh karena itu, marilah kita perbanyak amalan-amalan baik dari kita, selagi masih bisa melakukannya. Dengan harapan mudah-mudahan mendapatkan rdlo Allah SWT. Aamiin yaa robbal ‘aalamiin.

اَعُوْذُبِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. يَآاَيُّهَاالَّذِيْنَ آمَنُوْااِذَانُوْدِىَ لِلصَّلاَةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمْعَةِ فَاسْعَوْااِلىَ ذِكْرِاللهِ وَذَرُوالْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌلَكُمْ اِنْ كُنْـتُـمْ تَعْلَمُـوْنَ

بَارَكَ اللهُ لِى وَلَكُمْ فِى الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ . وَنَفَعَنِىْ وَاِيَّاكُمْ ِبمَافِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِالْحَكِيْــمِ وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْوَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْـنَ

One comment on “Mendatangi Shalat Jumat

  1. memang sungguh sulit untuk bersyukur atas keleluasaan waktu yang telah diberikan allah kpd manusia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: