Tinggalkan komentar

Amar Ma’ruf Nahi Mungkar

memo

Jika Allah menimpakan bala’ , tidak hanya kepada orang yang melakukan dosa atau maksiat saja akan tetapi yang lainpun akan terkena juga. Oleh karena itu marilah bersama-sama takut kepada Allah dan melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar supaya kita selamat fiddunya wal akhiroh.

memo

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

اَلْحَمْدُلِلَّهِ الَّذِىْ جَعَلَ الْجَنَّةَ لِمَنِ اتَّبَعَهُ وَاَطَاعَه . اَشْهَدُاَنْ لآ اِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ شَهَادَةَ عَبْدٍ آمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًاوَاَخْلَصَ دِيْنَه . وَاَشْهَدُاَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ . اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْمُنْقِذُمِنَ الضَّلاَلَة. وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ وَالَّذِيْنَ اتَّبَعُوْهُ اِلىَ يَوْمِ الْقِيَامَة

اَمَّابَعْدُ : فَيَاعِبَادَالله !! اِتَّقُوااللهَ تَعَالىَ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ . وَاعْلَمُوْااَنَّ اْلاَمْرَبِالْمَعْرُوْفِ وَالنَّهْيَ عَنِ الْمُنْكَرِ اَمْرٌمُهِمٌّ لِمَصْلَحَةِ الدُّنْيَا وَاْلاَخِرَة

Hadirinalkirom rohimakumulloh,..
Marilah bersama-sama meningkatkan taqwa kia kepada Allah SWT karena orang yang taqwa itulah orang yang beruntung. Dan ketahuilah bahwa amar ma’ruf nahi munkar adalah perkara yang penting sekali untuk kemaslahatan dunia dan akhirat. Oleh karena itu amar ma’ruf nahi munkar merupakan kewajiban bagi kita umat Islam.
Yang dimaksud dengan amar ma’ruf adalah perintah melaksanakan perkara yang baik, yang diridloi Allah SWT. Dan yang dimaksud nahi munkar adalah mencegah perkara yang jelek yang tidak diridloi Allah SWT.
Dan ketrahuilah bahwa amar ma’ruf nahi munkar ini tidak hanya menjadi tugas para kiyai saja akan tetapi merupakan kewajiban seluruh umat Islam.

Hadirinalkirom rohimakumulloh,..
Alloh berfirman di dalam Al Quranulkariim :

وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ اُمَّةٌ يَدْعُوْنَ اِلىَ الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

Artinya :
Dan baik, beradalah setengah dari kamu semua segolongan yang mengajak kepada kebagusan atau perintah bagus dan mencegah kemunkaran. Dan yang demikian itulah golongan yang beruntung.

Rosululloh SAW bersabda :

مَنْ رَاَى مِنْكُمْ مُنْكَرًافَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَاِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَاِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ اَضْعَفُ اْلاِيْمَان

Artinya :
Barang siapa setengan dari kamu semua mendapati perkara munkar, maka rubahlah dengan kekuasaannya, jika tidak kuasa ya dengan lisannya, dan jika tidak kuasa ya dengan hatinya, yang demikian itu setipis-tipisnya iman.

Hadirinalkirom rohimakumulloh,..
Marilah bersama-sama melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar agar maksiat tidak merajalela di antara kita. Karena, jika maksiat merajalela di antara kita, Allah akan menurunkan bala’ atau siksanya kepada kita.
Sebagaimana firmanNya :

وَاتَّقُوْافِتْنَةً لاَتُصِيْبَنَّ الَّذِيْنَ ظَلَمُوْامِنْكُمْ خَاصَّةً وَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهَ شَدِيْدُالْعِقَابِ

Artinya :
Dan takutlah kamu semua terhadap bala’ atau siksa yang bakal menimpa tidak hanya pada orang-orang yang mlakukan dosa saja. Dan sesungguhnya siksa Allah sangatlah pedih.

Demikianlah jika Allah menimpakan bala’ , tidak hanya kepada orang yang melakukan dosa atau maksiat saja akan tetapi yang lainpun akan terkena juga.
Oleh karena itu marilah bersama-sama takut kepada Allah dan melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar supaya kita selamat fiddunya wal akhiroh.

جَعَلَنَااللهُ وَاِيَّاكُمْ مِنَ اْلاَمِنِيْنَ الْمُتَّقِيْنَ . اَعُوْذُبِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ . وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ اُمَّةٌ يَدْعُوْنَ اِلىَ الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

بَارَكَ اللهُ لِى وَلَكُمْ فِى الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ . وَنَفَعَنِىْ وَاِيَّاكُمْ ِبمَافِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِالْحَكِيْــمِ وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْوَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْـنَ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: