1 Komentar

Membuat Program Star-Delta pada XCPPro

startMembuat diagram ladder pada XCPPro untuk mengoperasikan motor 3 fasa dengan variasi star-delta.  Ketika X1 yang difungsikan sebagai tombol start difungsikan, maka keluaran Y1 dan Y2 akan ON sedangkan T1 akan menghitung hingga 6 detik. Sehingga setelah 6 detik kemudian, T1 akan menjadikan Y2 OFF dan ketika Y2 OFF, maka Y3 dalam keadaan ON. Sedangkan X0 digunakan untuk stop. Fungsi seperti ini dapat digunakan untuk mengaktifkan motor listrik 3 fasa dengan variasi star-delta. Contoh gambar diagramnya seperti berikut ini :

Sekali lagi, ketika X1 yang difungsikan sebagai tombol start difungsikan, maka keluaran Y1 dan Y2 akan ON sedangkan T1 akan menghitung hingga 6 detik. Sehingga setelah 6 detik kemudian, T1 akan menjadikan Y2 OFF dan ketika Y2 OFF, maka Y3 dalam keadaan ON. Sedangkan X0 digunakan untuk stop. Fungsi seperti ini dapat digunakan untuk mengaktifkan motor listrik 3 fasa dengan variasi star-delta.
Untuk selanjutnya diagram ladder tersebut dapat didownload ke PLC XC Series, dengan klik download, kemudian klik run, maka PLC sudah siap dilepas dan digunakan sebagaimana logika pada diagram laddernya. Untuk lebih amannya silahkan coba dulu sambil dimonitor hasil kerja programnya. Jika sudah sesuai dengan yang diinginkan silahkan lepas dan siap dipergunakan.

Atau yang ini :

One comment on “Membuat Program Star-Delta pada XCPPro

  1. terima kasih mas, atas sharing pengetahuannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: