3 Komentar

Kewajiban Shalat

withBarang siapa menjaga sholatnya, maka ia akan mendapatkan cahaya, petunjuk dan keselamatan di hari kiamat. Dan barang siapa yang tidak menjaganya, maka dia tidak akan mendapatkan cahaya, petunjuk dan keselamatan.

with

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

اَلْحَمْدُ لِلّهِ الَّذِى فَرَضَ الصَّلاَ ةَ عَلى عِبَادِهِ الْمُؤْمِنِيْنَ وَ الْمُؤْمِنَاتِ . اَحْمَدُ هُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالى وَاَسْئَلُهُ الْمَزِيْدَ مِنْ فَضْلِهِ فِى جَمِيْعِ اْلاَوْقَاتِ . اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ شَهَادَةً تُنَجِّى قَائِلَهَا مِنَ الْمُهْلِكَاتِ . وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ سَيِّدُ السَّادَاتِ . اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى الِه مَادَامَتِ اْلاَرْضُ وَالسَّموَاتُ

اَمَّابَعْدُ : فَيَااَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ يَغْفِرْ لَكُمُ الذُّ نُوْ بَ وَالزَّلاَّتِ

قَالَ اللهُ تَعَالى : وَاَقِمِ الصَّلاَةَ اِنَّ الصَّلاَةَ تَنْهى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ

Hadirinalkirom rohimakumulloh,…

Marilah kita bersama-sama meningkatkan taqwa kita kepada Allah SWT dengan melaksanakan semua perintahNya dan menjauhi segala laranganNya. Perlulah kita ketahui bahwa Allah tidak akan menetapkan suatu perintah jika sekiranya perintah itu tidak mengandung hikmah. Apapun yang diperintahkan Allah kepada kita tentu ada manfaatnya dan apapun yang dilarangNya tentu ada mudlaratnya. Salah satu dari perintah Allah yang harus kita laksanakan adalah mendirikan sholat. Allah berfirman di dalam Al Quranulkarim :

وَاَقِمِ الصَّلاَةَ اِنَّ الصَّلاَةَ تَنْهى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ

Artinya :
.. dan dirikanlah sholat, sesungguhnya sholat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. (Al Ankabut;45).

Di dalam ayat ini, Allah memerintahkan sholat sekaligus menerangkan hikmahnya. Yaitu membersihkan jiwa dari perbuatan keji dan mungkar yang dapat membawa kepada kehinaan. Kita diperintahkan mendirikan sholat dan kita sendirilah yang menerima atau merasakan manfaatnya. Dan marilah kita jadikan sholat kita sebagai penolong. Sebagaimana firman Allah :

يااَ يُّهَاالَّذِيْنَ امَنُوااسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ

Artinya :
Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu.

Hadirinalkirom rohimakumulloh,…
Diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW. Telah bersabda :

اَلصَّلاَةُ مَرْضَاةُ الرَّبِّ وَسُنَّةُ اْلاَنْبِيَاءِ وَحُبُّالْمَلاَئِكَةِ وَنُوْرُ الْمَعْرِفَةِ وَاَصْلُ اْلاِيْمَانِ وَوَاجِبَاتُ الدُّعَاءِ وَقَبُوْلُ اْلاَعْمَالِ وَبَرَكَةٌ فِى الْمَالِ وَالْكَسْبِ وَسِلاَحٌ عَلى اْلاَعْدَاءِ وَكَرَاهَةُ الشَّيطَانِ وَشَفِيْعٌ بَيْنَ صَاحِبِهَا وَبَيْنَ الْمَلَكِ الْمَوْتِ وَسِرَاجٌ فِى قَبْرِهِ اِلى يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَظِلٌّ عَلى رَأْ سِهِ يَومَ الْقِيَامَةِ وَتَاجٌ عَلى رَأْسِهِ وَلِبَاسٌ عَلى بَدَنِهِ وَسِتْرٌ بَيْنَهُ وَبَيْنَ النَّارِ وَحُجَّةٌ بَيْنَ يَدَيِ الرَّبِّ وّثَقِلَ فِى الْمِيْزَانِ وَجَوَازٌ عَلى الصِّرَاطِ وَمِفْتَاحٌ لِلْحَنَّةِ

Artinya :
Sholat adalah keridloan Allah, sunnah para Nabi, kecintaan Malaikat, cahaya ma’rifat, dasar iman, sarana terkabulnya do’a dan diterimanya amal, memberikan berkah kepada harta dan pekerjaan, merupakan senjata untuk melawan musuh dan syetan, memberikan syafaat bagi yang melakukannya, sebagai penerang di dalam kubur hingga kiamat, sebagai pelindung panas terik di hari kiamat, sebagai pemisah antara dia dan neraka, merupakan hujjah dalam menjawab pertanyaan Allah SWT., memberatkan timbangan (pada bagian pahala), mjemudahkan lintasan pada jembatan shirot dan merupakan kunci sorga.

Dalam riwayat lain Rasulullah SAW. Bersabda :

مَنْ حَافَظَ عَلىَ الصَّلَوَاتِ كَانَتْ لَهُ نُوْرًا وَبُرْهَانًا وَنَجَاةً يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَمَنْ لَمْ يُحَافِظْ عَلَيْهَا لَمْ تَكُنْ لَهُ نُوْرًا وَبُرْهَانًا وَنَجَاةً

Artinya :
Barang siapa menjaga sholatnya, maka ia akan mendapatkan cahaya, petunjuk dan keselamatan di hari kiamat. Dan barang siapa yang tidak menjaganya, maka dia tidak akan mendapatkan cahaya, petunjuk dan keselamatan.

Hadirinalkirom rohimakumulloh,…
Marilah kita berusaha sekuat tenaga untuk mendirikan sholat, karena diantara kita tidak ada yang ingin terjerumus ke lembah kehinaan.
Mudah-mudahan Allah senantiasa memberikan kekuatan kepada kita untuk menjaga kewajiban mendirikan sholat, dan mudah-mudahan pula kita termasuk golongan orang-orang yang selamat fiddunya wal akhiroh. Aamiin yaa robbal ‘alamin.

وَاِذَاقُرِئَ الْقُرْآنُ فَاستَمِعُوْالَهُ وَاَنْصِتُوْالَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ . اَعُوْذُبِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ . بِسْــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّ حِيْمِ . فَخَلَفَ مِنْ بَعْدِ هِمْ خَلْفٌ اَضَاعُواالصَّلاَةَ وَاتَّبَعُواالشَّهَوَاتِ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيًّا

بَارَكَ اللهُ لِى وَلَكُمْ فِى الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ . وَنَفَعَنِىْ وَاِيَّاكُمْ ِبمَافِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِالْحَكِيْــمِ. وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْوَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْـنَ

3 comments on “Kewajiban Shalat

  1. assalamualaikum wr wb
    CURHAT …… DISINI IMAN SAYA MENIPIS….SAYA HARUS PULANG
    Untuk penulis dan pembaca semuanya,
    saya ingin curhat dengan semuanya,saya seorang muslim yang sedang bingung…saya sekarang bekerja di korsel(TKI)..saya sudah 2 kali kesini pertama juni 2002-juni 2005,saya pulang nikah,punya putra(skrg 2,5 thn)…kemudian menginjak korsel lagi agustus 2007.entah ini apa namanya…depresi atau mungkin stress berat..sekarang saya adalah seorang muslim yang sedang runtuh imannya..
    saya tinggal di negara yang liberal,masyarakat di sini mayoritas tidak mengenal Tuhan(atheis).
    saya ingin pulang ke tanah air tercinta Indonesia,tapi saya bingung mau kerja apa di negara tercinta? saya hanya lulusan sma yang gak punya keterampilan khusus…dulu saja waktu saya pulang beli kios,jualan sembako bareng orang tua…gak ungtung malah rugi..modal 5o jt habis.penulis dan semua pembaca…pikiran saya sekarang terkontaminasi pikiran2 mayoritas orang korsel yang tidak percaya Tuhan…dari yang banyak saya kenal mereka adalah tidak percaya adanya Tuhan…dulu pernah waktu teman saya sedang sholat teman korsel saya tanya…itu sedang apa? saya jawab sedang kido(berdoa kepada tuhan)…dia malah bilang pabo saram (orang bodoh) tuhan itu gak ada,surga itu omong kosong,sesudah kita mati ya udah,kett (tamat)…buat apa “kido”? nyape-nyapein aja katanya….
    trus adalagi ibu-ibu yang bekerja di siktang(kantin)….saya tanya ajuma(bibi) agamanya apa? terus dia jawab opso(gak ada)…katanya dia gak punya agama,dan won/ton/uang adalah Tuhannya…..kata dia dengan uang dia bisa makan…dan kata dia tuhan gak bisa kasih uang…
    dan ada lagi cerita temen saya yang juga bekerja di korsel,katanya waktu dia selesai sholat,sajangnim(boss)nya bertanya apa yang kamu sembah?
    temen saya jawab hananim(Tuhan),terus sajangnim nya tanya lagi apa Tuhan kamu suka kasih kamu uang? temen saya jawab:tidak,sajangnimnya terus ngomong jadi buat apa kido(sholat) kalau Tuhan kamu gak bisa kasih uang,yang ngasih uang sama kau tuh saya,jadi kido nya sama saya saja kata sajangnimnya sambil tertawa…
    dan ada lagi teman korsel saya yang masih muda…dia tanya pada saya kenapa gak makan daging babi? kata saya kata agama islam kalau makan daging babi nanti masuk hell(neraka,saya kadang kalau bicara di campur nahasa inggris jika bhs koreanya tidak ngerti)…terus temana saya itu (KIM IN SUNG) tertawa terpingkal2….tangshin nomu paboya (kamu sangat goblok)…kata dia kenapa alasannya makan daging babi masuk neraka??? saya jawab karena islam mengajarkan demikian…..dia terus bilang saya pabo sambil geleng2 kepala.
    dan tempat saya bekerja sekarang…kongjangjangnim nya sering tanya kenapa saya gak makan babi? jawaban saya sekarang lain,karena kalau makan daging babi nanti saya di penjara…terus dia bilang kamu sekarang di korsel,gak apa2 makan babi kan polisi tidak tahu…saya jawab lagi nanti kalau pulang tubuh saya di scan bisa ketahuan sudah makan daging babi,nanti saya bisa di penjara….kata dia oohhhh…berapa lama di penjaranya? kemudian saya jawab sam nyon (3 tahun)….terus dia nya manggut-manggut….terus tanya lagi maja? (benar?) mungkin dia penasaran dan gak percaya…tapi kemudian saya jawab majayooo (bener sekaliiii) sambil meyakinkan….terus dianya cuman diem sambil terus ngeliatin saya..dan..wahai pembaca semuanya…pikiran saya sekarang terkontaminasi pikiran2 kebanyakan orang korsel (saya sudah hampir 5 tahun tinggal di kosel,sudah kerja di 5 tempat bebeda,sudah bnanyak mengenal orang korsel,hanya sedikit yang beragama,sedikit sekali)
    berapalamakah keabadian itu,apakah kita akan kekal di akhirat nanti? berapa tahun? 100 tahun kah? 1000 tahunkah? atau 1 juta tahunkah? atau 1 milyar tahunkah? atau 1 triliun tahunkah? atau 1 milyar triliun tahunkah? berapa tahunkah keabadian itu???
    kemudian,jika saya melihat orang korsel yang baik kadang saya bertanya apakah mereka masuk neraka?
    dan jika ada orang selain agama islam yang taat pada agamanya apakah dia juga masuk neraka?
    apakah gajah mada masuk neraka? apakah soeharto masuk neraka? apakah hitler masuk neraka?
    apakah gus dur masuk surga? apakah amien rais juga masuk surga? apakah pattimura masuk neraka? apakah ken arok masuk neraka?
    apakah saddam hussein masuk surga dan george bush masuk neraka? apakah bangsa palestina masuk surga dan yahudi masuk neraka?
    apakah megawati dan esbeye masuk surga? apakah orang2 ethiopia yang dulu mati kelaparan masuk surga?
    apakah gembel2 yang tidur di kolong2 jembatan,emperan2 toko itu masuk surga?apakah sultan brunei yang kaya raya itu masuk surga lalu bill gates yang milyarder itu masuk neraka? apakah zinedine zidane itu masuk surga dan si marco materazzi itu masuk neraka?
    apakah michael jackson masuk neraka dan haddad alwi masuk surga?
    apakah jamal mirdad masuk surga tapi lidya kandou dan anak-anaknya masuk neraka?apakah gusdur masuk neraka karena bermusuhan dengan cak muhaimin? ataukah kebalikannya?
    apakah paus benedictus masuk neraka dan amrozi cs masuk surga?
    apakah david beckham masuk neraka dan chris john masuk neraka?
    apakah? apakah? apakah? apakah?….dan masih berjuta-juta apakah yang ada di otak saya sekarang…..penulis dan pembaca semuanya….saya ingin pulang ke Indonesia….karena sebenarnya sudah tidak kuat berlama2 di korsel
    saya ingin sujud khusyu di mushola…
    saya ingin bersama jamaah lainnya berdzikir di musholla dan masjid2
    disini(sekitar tempat saya kerja) gak ada masjid…
    dan di kisuksa(asrama) saya jarang..jarangggg sekali sholat….kadang2 saja saya sholatDemi Allah Saya ingin sekali pulang….tapi nanti Saya mau kerja apa?
    sementara istri saya nganggur…ortu saya hanya pedagang kecil..yuang hidup pas-pas an
    dan mertua saya supir dengan penghasilan sangat kecil…
    saya kerja disini….penghasilannya buat biaya hidup di rumah…saya kadang ingin berteriak…kenapasulit sekali hidup di Indonesia?
    andai saya gak pernah ke korsel saya gak mungkin bisa menulis ini…
    internet saya gak akan pernah mengenalnya jika saya gak kesini…bisakah saya punya usaha yang layak di Indonesia dengan modal 15 juta?
    saya rindu tanah air
    saya rindu musholaku(dulu saya rajin adzan di mushola dekat rumahku)
    saya rinduIndonesia karena disini saya tersesat…penulis dan pembaca semuanya?
    adakah yang bisa bantu saya?
    saya ingin pulang dan bisa kerja/ada usaha untuk mencukupi kebutuhan keluarga….
    saya ingin bisa damaikan hati saya yang kacau inipikiran saya selalu gelisah ingin pulang…
    tapi saya tidak berani pulang..karena takut saya tidak bisa mencukupi kebutuhan keluargaku…
    saya seorang kepala rumah tangga….saya harus berusaha agar anak istri saya tidak kelaparan..
    saya waktu pulangpun sempat jualan mainan anak2…tapi gak laku/penghasilannya gak mencukupi kebutuhan
    terus jualan jajanan juga gak laku karena di pasar terlalu banyak saingan…dan yang bermodal besar yang selalu menag dengan politik dagang mereka ambil untung kecil gak apa2apa asal bisa laku banyak…sedangkan saya yang bemodal pas2an gimana????saya ingin pulang,tolong carikan saya solusi yang bisa bantu saya…
    saya ingin pulang dan punya usaha di Indonesia untuk saya bisa mencukupi kebutuhan keluarga Saya.terimakasi semuanyawassalamualaiku wr wbinginpulang@gmail.com

    • Assalamualaikum wr wb.
      Untuk saudaraku di rantau,..
      Kebahagiaan itu ada di dalam hati kita, kita diwajibkan untuk ikhtiar dan berdoa agar hidup kita menjadi baik/hasanah dunia dan akhirat. Dan,…….. kebahagiaan tertinggi yang dirasakan seorang hamba isnyaAllah ketika ia telah ditunjukkan tempatnya yang baik saat ia berada di ambang kematiannya. InsyaAllah ini hanya dimiliki oleh orang-orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah. Sedangkan bagi orang yang ingkar kepada Allah, ia tidak akan pernah mampu melihat akhirat walaupun ia mampu menggenggam dunia (mendapat kesenangan dunia). Karena orang yang ingkar, tidak akan pernah beriman, Allah menutup hati, pendengaran dan penglihatan mereka. Quran, Al Baqarah;
      (6) Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak akan beriman.
      (7) Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka dan penglihatan mereka ditutup . Dan bagi mereka siksa yang amat berat.
      Dan,….bagi seorang muslim insyaAllah menginginkan kebaikan dunia dan akhirat. insyaAllah panjenengan akan menjadi orang yang beruntung, karena mampu menyesal di awal. Hal ini sangat jarang ditemui.
      Dikala kita sedang gundah, khawatir, takut, dsb,….., maka fafirru ilallah segera/bergegas menuju Allah. Jangan biarkan diri kita menjadi lupa kepada Allah, insyaAllah orang yang ingat dan waspada jauh lebih beruntung dibandingkan orang yang lupa.
      Dan,…. insyaAllah dengan kekuatan doa kita, Allah Yang Maha Bijaksana dan Yang Mengatur Kehidupan ini, akan memberikan jalan menuju kebahagian dunia akhirat.
      fafirru ilallah,…. fafirru ilallah,….. fafirru ilallah,….
      Salam hangat dari seberang, semoga kesuksesan, kebahagiaan dan barokah Allah tercurah kepada panjenengan, aamiin.
      Wassalamualaikum wr wb.

  2. sudah baca tentang komentar dari korea.Bersyukurlah saya karena saya masih bisa bertemu dengan Allah dan semoga selalu rindu untuk selalu bertemu sama Allah.Dan bersyukurlah saya masih diberi kesempatan untuk hidup dan bertambah umur semoga lebih bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi.
    Sekadar info Pa’ saya baca buku tetang air ternyata air yang diberi doa dan tidak beri doa strukrur molekulnya berbeda.Contoh misal ketika kita ambil air kemudian diteliti strukturnya biasa aja bulat tapi ketika dibacakan bismillah saja strukturnya jadi berbentuk bintang.Subhanallah.Allah Maha atas segalanya.Mungkin pak pradoto bisa bantu saya lebih banyak lagi termasuk kenapa daging babi haram salah satunya karena punya gen yang sama seperti kita manusia. ada yang lain?
    Terima kasih saya sudah belajar untuk hari ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: