1 Komentar

Star Delta Otomatis

klikplc33Pada gambar di bawah menunjukkan diagram ladder untuk star-delta sebagaimana posting kami sebelumnya. Namun jika kita perhatikan diagram tersebut ada perbedaan yang cukup menonjol, yaitu pada tambahan auxiliary relay M0 dan T2 sebagai perintah tambahan agar PLC dapat bekerja secara otomatis. Sebagai contoh otomatis berdasarkan waktu dalam hal ini menggunakan T2. T2 yang diaktifkan berdasarkan Y1 akan menghitung hingga waktu yang kita inputkan. Setelah sampai pada batas waktunya, maka T2 akan mengaktifkan M0 dan selanjutnya M0 akan mematikan seluruh rangkaian sebagaimana M0/NC yang terangkai seri dengan Y1. dengan sendirinya jika Y1 Off, maka semuanya akan OFF.

Diagram tersebut dapat diaplikasikan langsung pada PLC seri XC.Jika CPU PLC telah terhubung dengan PC, tinggal klik tanda panah kebawah (download) kemudian klik run, maka PLC siap digunakan. Dan jika ingin memonitor hasilnya (sebelum PLC dilepas) tinggal klik montor dan fungsikan tombol X1 yang terpasang pada PLC, maka kerja PLC dapat termonitor pada layer PC anda.

Contoh ini dapat dikembangkan untuk mesin-mesin otomatis dengan menyesuaikan fungsi T2 sesuai dengan kebutuhan. Apakah dengan sensor suhu, sensor cahaya dan lain sebagainya. Dengan demikian mesin akan mati dengan sendirinya jika input sensor memberikan perintah kesalahannya.

Atau yang ini :

One comment on “Star Delta Otomatis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: