1 Komentar

Shalawat atas Nabi Muhammad saw.

brunei1Alhamdulillah kita ditakdirkan oleh Allah menjadi orang yang gemar membaca sholawat. Untuk itu marilah kita mengingat-ingat agar lisan kita jangan sampai kering dari membaca sholawat, karena fadilahnya sangatlah besar.

brunei1

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

اَلْحَمْدُ لِلّهِ الَّذِىْ اَرْسَلَ رَسُوْ لَهُ بِالْهُدى وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ . اَشْهَدُ اَنْ لآاِلهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ . وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ . اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى الِه وَاَصْحَابِهِ الْكَرِيْمِ

اَمَّا بَعْدُ : فَيَا عِبَادَالله !! اِتَّقُواللهَ حَقَّ تُقَاتِه فَادْخُلُواالْحَنَّةَ بِاسَّلاَمِ

Hadirinalkirom rohimakumulloh,…
Marilah kita bersamasama meningkatkan taqwa kita kepada Allah SWT dengan sebenar-benarnya taqwa, maka kita akan dimasukkan ke dalam surga dengan selamat. Dan marilah kita perbanyak mengingat Allah dan RosulNya, karena hal ini merupakan perwujudan dari ketaatan dan kecintaan kita kepadaNya. Siti ‘Aisyah ra. Pernah berkata; Barangsiapa yang cinta kepada Allah, maka ia banyak berdzikir menyebut asma Allah, dan buahnya ialah Allah akan mengingatnya dengan memberi rahmat dan ampunan kepadanya. Dan barangsiapa yang cinta kepada Nabi saw. maka ia banyak membaca sholawat untuknya, dan buahnya ialah mendapatkan syafaatnya dan berteman di dalam surga.
Membaca sholawat atas kanjeng Nabi Muhmmad saw, adalah perintah Allah, sebagaimana firmanNya di dalam al qur’anulkarim;

اِنَّ اللهَ وَمَلاَ ئِكَتَه يُصَلُّونَ عَلىَ النَّبِيِّ يَااَ يُّهَاالَّذِيْنَ امَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Artinya;

Sesungguhnya Allah dan para MalaikatNya sama-sama mendo’akan rahmat untuk Nabi, Hai orang-orang yang beriman bacalah sholawat dan salam kepadanya.

Hadirinalkirom rohimakumulloh,…
Sholawat untuk kanjeng Nabi Muhammad saw, artinya mohon tambahan rahmat kepada Allah untuk Nabi saw, walaupun kanjeng Nabi saw, seorang yang ma’sum dan tidak butuh untuk kita do’akan. Akan tetapi kitalah yang membutuhkan ampunan dari Allah dengan membaca sholawat sebagai wasilah untuk mendapatkan syafaatnya. Sebagaimana hadis riwayat Ibnu Assakir, bahwa Rosululloh saw, bersabda;

اَكْثِرُواالصَّلاَةَ عَلَيَّ فَاِنَّ صَلاَتَكُمْ عَلَيَّ مَغْفِرَةٌ لِذُنُوْبِكُمْ وَاطْلُبُوا اِلىَ الدَّرَجَةِ وَالْوَسِيلَةِ فَاِنَّ وَسِيْلَتِى عِنْدَ رَبِّى شَفَاعَةٌ لَكُمْ

Artinya;
Perbanyaklah membaca sholawat untukku, karena sholawatmu untukku menyebabkan pengampunan dosa-dosamu. Dan mohonlah kepada Allah untukku derajat dan wasilah, maka sesungguhnya wasilahku di hadapan Tuhan akan berupa syafaat bagimu.

Berbahagialah kita yang gemar membaca sholawat untuk kanjeng Nabi Muhammad saw, karena membaca sholawat oleh Allah pahalanya dilipatgandakan.
Rosululloh saw, bersabda;

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ عَشْرًا . وَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ عَشْرًا صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ مِائَةًَ . وَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ مِائةً كَتَبَ اللهُ بَيْنَ عَيْنَيْهِ بَرَاءَةٌ مِنَ النِّفَاقِ وَبَرَاءَةٌ مِنَ النَّارِ وَاَسْكَنَهُ يَومَ القِيَامَةِ مَعَ الشُّهَدَآءِ

Artinya;

Barangsiapa yang membaca sholawat untukku satu kali, Allah membalasnya sepuluh kali lipat. Dan siapa yang membaca sholawat untukku sepuluh kali, Allah membalas sholawatnya seratus kali. Dan siapa yang membaca sholawat untukku seratus kali, maka Allah menulis diantara kedua matanya kebebasan dari sifat munafiq dan kebebasan dari neraka dan kelak pada hari kiamat ditempatkan bersama-sam orang yang mati syahid.

Hadirinalkirom rohimakumulloh,…
Alhamdulillah kita ditakdirkan oleh Allah menjadi orang yang gemar membaca sholawat. Untuk itu marilah kita mengingat-ingat agar lisan kita jangan sampai kering dari membaca sholawat, karena fadilahnya sangatlah besar.

Diceritakan ada seorang sholeh yang menetapkan atas dirinya sendiri membaca sholawat kepada Nabi saw, sejumlah bilangan tertentu menjelang tidur. Setelah malam ia tertidur, ia bermimpi melihat Nabi Muhammad saw, mengunjungi rumahnya. Seketika itu rumahnya menjadi terang benderang lantaran cahaya beliau. Nabi saw, berkata; inikah lisan yang banyak dipergunakan membaca sholawat untukku ? Ciumlah. Kata orang sholeh itu; aku merasa malu. Tetapi beliau segera membalik pipiku lalu menciumnya. Setelah terbangun, tiba-tiba rumahku menjadi semerbak oleh bau harum dari Rosululloh saw. Yang lebih mengagumkan lagi pada bekas ciumannya masih terasa harum sampai delapan hari.

Rosululloh saw, bersabda;

اَوْلَى النَّاسِ بِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ اَكْثَرُهُمْ عَلَيَّ صَلاَةً

Artinya;
Orang yang terdekat kepadaku kelak di hari qiamat ialah orang yang paling banyak membacanya sholawat.

Yaa Allah, masukkanlah kami semua ke dalam surga tanpa hisab lantaran kemuliaan syafaat Nabi Muhammad saw, sebanyak yang diberikan orang-orang yang mengingatnya, dan berilah keselamatan seperti itu pula kepada kami semua. Aamiin yaa robbal ‘aalamiin.

بَارَكَ اللهُ لِى وَلَكُمْ فِى الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ . وَنَفَعَنِىْ وَاِيَّاكُمْ ِبمَافِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِالْحَكِيْــمِ. وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْوَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْـنَ

One comment on “Shalawat atas Nabi Muhammad saw.

  1. “Ya Allah! Berilah sholawat untuk Muhammad, istri-istri dan keturunannya, sebagaimana Engkau memberi sholawat untuk Ibrahim. Berkatilah Muhammad, istri-istri dan keturunannya, sebagaimana Engkau memberkati Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Pemurah.”
    Aminn….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: