2 Komentar

Tawakkal Kepada Allah

MadyanKalau kamu berserah diri sepenuhnya kepada Allah, maka kamu akan diberi rizki oleh Allah sebagaimana yang diberikan kepada burung-burung yang waktu pagi mengalami lapar dan kembali diwaktu sore dengan perut kenyang.

Madyan

اَلْحَمْدُ لِلّهِ الَّذِى مَنْ تَوَكَّلَ عَلَيْهِ بِصِدْقِ نِيَّةٍ كَفَاه . وَمَنْ تَوَسَّلَ اِلَيْهِ بِاتِّبَاعِ شَرِيْعَتِهِ قَرَّبَهُ وَاَدْنَاه . وَمَنْ تَوَسَّلَ اِلَيْهِ بِخَالِصِ اَدْعِيَّتِهِ اَجَابَهُ وَبَّاه . وَمَنِ اسْتَنْصَرَ بِهِ عَلىَ اَعْدَائِهِ وَحَسَدَتِهِ نَصَرَهُ وَتَوَلاَّه . اَحْمَدُهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالىَ وَاَشْكُرُهُ عَلىَ مَااَعْطَاه . اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ الاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَالَهُ اِلهٌ لَيْسَ لَنَا رَبٌّ سِوَاه . وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَّذِى نَبَعَ مِنْ بَيْنِ اَصَابِعِهِ الْمِيَاه . اَللّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىَ هذَالنَّبِيِّ الْكَرِيْمِ وَالرَّسُوْلِ السَّيِّدِ السَّنَدِ الْعَظِيْمِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ الِهِ وَاَصْحَابِهِ وَمَنْ وَالاَه . صَلاَةً وَسَلاَمًا دَائِمَيْنِ مُتَلاَزِمَيْنِ اِلىَ يَوْمٍ لِقَاه . وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا

اَمَّا بَعْدُ : فَيَا عِبَادَالله !! اتَّقُوااللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَتَمُوْتُنَّ اِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Hadirinalkirom rohimakumulloh,…
Marilah kita bersama-sama meningkatkan taqwa kita kepada Allah SWT dengan sebenar-benarnya taqwa, yaitu dengan menjalankan semua perintahNya dan menjahui segala laranganNya. Dan janganlah kita meninggalkan dunia ini kecuali dalam keadaan iman dan islam.
Untuk itu, marilah kita isi hidup kita ini dengan berikhtiar sebaik mungkin dengan berbekal iman dan taqwa, kemudian kita serahkan sepenuhnya kepada Allah SWT. Insyaallah kita akan mendapatkan limpahan kenikmatan atas apa yang kita usahakan.
Rosululloh saw, bersabda;

لَوْاَنَّكُمْ تَتَوَكَّلُوْنَ عَلىَ اللهِ حَقَّ تَوَكُّلِهِ لَرَزَقَكُمْ كَمَا يُرْزَقُ الطَّيْرُ تَغْدُوْ خِمَاصًا وَتَرُوْحُ بِطَانًا

Artinya;
Kalau kamu berserah diri sepenuhnya kepada Allah, maka kamu akan diberi rizki oleh Allah sebagaimana yang diberikan kepada burung-burung yang waktu pagi mengalami lapar dan kembali diwaktu sore dengan perut kenyang
.

Hadis tersebut memberikan pengertian kepada kita, bahwa mahluk yang tidak berakal dapat memperoleh kehidupan, dan tentulah manusia yang memperoleh anugerah akal dan fikiran akan dapat mampu berusaha dengan sebaik-baiknya.
Kita yakin hanya dengan usaha yang sungguh-sungguh kemudian kita berserah diri kepadaNya, maka Allah akan memberikan yang terbaik untuk kita.
Allah berfirman di dalam Al Qur’anulkarim;

اِنَّ اللهَ لاَيُغَيِّرُ مَابِقَوْمٍ حَتّى يُغَيِّرُوْامَابِاَنْفُسِهِمْ

Artinya;
Sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum sebelum mereka merubah keadaan diri mereka sendiri.

Hadirinalkirom rohimakumulloh,…
Kebahagiaan dan kebaikan hidup di dunia dan akhirat adalah dambaan kita semua, sebagaimana kita memohon kepada Allah SWT.

رَبَّنَا اتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya;
Yaa Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

Oleh karena itu marilah kita senantiasa berusaha sebaik-baiknya dengan mengikuti tuntunan Allah SWT dan Rosululloh saw, yang tersimpul dalam ajaran Dinul Islam. Insyaallah kita akan memperoleh kebaikan hidup fiddunya wal akhiroh dan dijauhkan dari siksa api neraka.

Hadirinalkirom rohimakumulloh,…
Setiap manusia pasti mengalami cobaan dan ujian, baik berupa kehilangan harta benda, kematian anak, kematian sanak keluarganya atau lain-lainnya. Memang semua itu dapat membuat hati resah dan sedih, akan tetapi kesemuanya itu hendaknya dihadapi dengan penuh kesabaraaan. Bersabar dalam arti tahan uji, tidak mudah putus asa dan bertekad mengatasi kesulitan. Yang demikian itulah ciri orang yang bertaqwa.
Allah berfirman di dalam Al Qur’anulkarim;

فَإِذَاعَزَمْتَ فَتَوَ كَّلْ عَلىَ الله

Artinya;
Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertaqwalah kepada Allah.

Nyatalah bahwa tawakkal dan sabar merupakan sikap orang-orang yang beriman dalam menghadapi persoalan-persoalan hidupnya. Dan sebagai bukti tawakkal seseorang adalah mereka yang memelihara sholatnya, karena tidak kurang dari tujuhbelas kali dalam sehari semalam ia berjanji dan memohon hanya kepada Allah.

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاك نَسْتَعِيْنُ

Hanya engkaulah yang kami semba dan hanya kepada engkaulah kami mohon pertolongan.

وَاللهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالىَ يَقُوْلُ وَبِقَوْلِهِ يَهْتَدِى الْمُهْتَدُوْنَ . اَعُوْذُبِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجَيْـمِ . بِسْـمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. يَااَ يُّهَاالَّذِيْنَ امَنُوااذْكُرُوْ نِعْمَتَ اللهِ عَلَيْكُمْ اِذْهَمَّ قَوْمٌ اَنْ يَبْسُطُوْا اِلَيْكُمْ اَيْدِيَهُمْ عَنْكُمْ وَاتَّقُوااللهَ وَعَلىَ اللهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُتَوَكِّلُوْنَ

بَارَكَ اللهُ لِى وَلَكُمْ فِى الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ . وَنَفَعَنِىْ وَاِيَّاكُمْ ِبمَافِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِالْحَكِيْــمِ. وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْوَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْـنَ

2 comments on “Tawakkal Kepada Allah

  1. Assalamualaikum wr wb
    Salam kenal mas mas dodod.
    Memang kita hidup harus selalu bersyukur dan penuh tawakkal kepada Allah swt sehingga selalu mendapat pertolonganNya serta ridhoNya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: