1 Komentar

PLC Timer Untuk Lampu Hias 2

Ahmad Faruk dan kawan-kawan siswa kelas X Listrik SMK Berdikari Jember, mencoba mengaplikasikan fungsi timer ke dalam lampu hias sederhana pada PLC seri XC3-24-E.

PLCgif2c

Empat buah penyalaan lampu yang diprogramkan untuk menyala berurutan, lampu 1 untuk menyalakan huruf S, lampu 2 untuk menyalakan huruf M, lampu 3 untuk menyalakan huruf K, dan lampu 4 untuk menyalakan kata Berdikari. Lampu-lampu tersebut direncanakan menyala berurutan dengan selang waktu satu detik dan setelah menyala semua dibiarkan menyala selama lima detik kemudian padam selama satu detik dan proses terulang kembali secara terus-menerus. Logika penyalaan tersebut dituangkan dalam diagram ladder berikut ini :

bdkplc2b

Cara kerja ladder tersebut adalah : X0 dihubungkan ke tombol ON, X1 dihubungkan ke tombol OFF, M0 (relay internal) digunakan sebagai jembatan timer T0 hingga T4. T0 sampai dengan T3 menggunakan waktu 1 detik dengan kode K10 dan T4 menggunakan waktu 5 detik dengan kode K50. T0 digunakan untuk mengaktifkan keluaran Y0, T1 digunakan untuk mengaktifkan keluaran Y1, T2 digunakan untuk mengaktifkan keluaran Y2, T3 digunakan untuk mengaktifkan keluaran Y3, dan T4 digunakan untuk reset. Dengan demikian diagram ladder tersebut akan mengendalikan PLC XC3-24-E sebagaimana tampilan huruf-huruf di atas. Ahmad Faruk dan kawan-kawan siswa Kelas X Listrik SMK Berdikari Jember melogikakan kedalam diagram ladder XCPPro3 dan mengecek kebenarannya, hanya dalam waktu 5 menit.

One comment on “PLC Timer Untuk Lampu Hias 2

  1. wah makasih mas sangat membantu sekali postingannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: