2 Komentar

Peradilan Sejati

makkah3Tiap-tiap manusia di dunia ini memiliki buku catatan amal. Catatan amal baik di sebelah kanan dan catatan amal jelek di sebelah kiri. Malaikat Rokib dan Atid selalu mengawasi gerak-gerik kita dan mencatat semua apa yang kita kerjakan.

Dan pada yaumul qiyamah nanti, kita semua akan melihat bagaimana catatan amal kita selagi hidup di alam dunia.

makkah3

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

اَلْحَمْدُ لِلّهِ الْعَزِيْزِالْحَمِيْد . اَلْمُبْدِئِ الْمُعِيْد . اَشْهَـدُ اَنْ لاَاِلـهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَـرِيْكَ لَـهُ الَّذِىْ خَلَقَ اْلاِ نَسَانَ فَمِنْهُمْ شَقِيٌّ وَسَعِيْد . وَاَشْـهَدُاَنَّ سَيِّدَنَامُحَمَّدًاعَـبْدُه وَرَسُوْلُهُ  اَفْضَلُ الرُّسُلِ وَاَشْرَفُ الْعَبِيْد . اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍوَعَلى الِه وَصَحْبِهِ اُولِى الْفَضْلِ الْمَزِيْد . وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا

اَمّا بَعْدُ :  فَيَا عِبَادَ الله !!    اِتَّقُوااللهَ تَعَالىَ   وَاعْلَمُوْ اَنَّ اَعْمَالَنَا سَتُحَاسَبُ يَوْمَ الْحِسَابْ

Hadirinalkirom rohimakumulloh,…

Marilah kita bersama-sama meningkatkan taqwa kita kepada Allah SWT, di dalam segala perbuatan kita. Dan ketahuilah bahwa semua amal perbuatan kita, akan diperhitungkan pada yaumul qiyamah. Oleh karena itu, sebelum kita menghadapi peradilan Allah SWT, marilah kita benar-benar hati-hati dalam mempersiapkan diri dengan memperbanyak amal sholeh dan menjahui perbuatan-perbuatan yang tercela.

Senyampang kita masih diberi kesempatan hidup di dunia oleh Allah, marilah kita gunakan hidup kita ini dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai hidup kita ini, kita gunakan hanya untuk kepentingan dunia saja, karena hisab atau perhitungan Allah tidak ada yang terlewatkan terhadap perbuatan apapun juga, baik perbuatan-perbuatan yang besar maupun yang kecil, pastilah diperhitungkan.

Dan bagaimanakah diri kita nanti jika ternyata amal jelek kita lebih banyak dari yang baik atau tidak mendapatkan pertolongan Allah dan syafaat Rosululloh ?  Kita dapat membayangkan bagaimana nasib kita nanti. Dan yang demikian ini tentulah tidak kita inginkan terjadi pada kita.

Hadirinalkirom rohimakumulloh,…

Tiap-tiap manusia di dunia ini memiliki buku catatan amal. Catatan amal baik di sebelah kanan dan catatan amal jelek di sebelah kiri. Malaikat Rokib dan Atid selalu mengawasi gerak-gerik kita dan mencatat semua apa yang kita kerjakan.

Dan pada yaumul qiyamah nanti, kita semua akan melihat bagaimana catatan amal kita selagi hidup di alam dunia.

Sebagaimana firman Allah di dalam Al Qur’anulkarim;

وَتَرى كُلَّ اُمَّةٍ جَاثِيَةً    كُلُّ اُمَّةٍ تُدْعى اِلى كِتبِهَا   اَلْيَوْمَ تُجْزَوْنَ مَاكُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ  . هذَاكِتبِنَا يَنْطِقُ عَلَيْكُمْ بِالْحَقِّ    اِنَّاكُنَّا نَسْتَنْسِخُ مَاكُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ

Artinya;

Pada hari itu engkau lihat semua umat berlutut, setiap umat diseru (supaya melihat) pada buku catatan amalnya masing-masing. Pada hari itu pula kamu dibalas setimpal dengan amal yang kamu kerjakan. Inilah kitab kami, menjelaskan dengan benar padamu. Sungguh, Kami telah menyuruh (malaikat) mencatat segala apa yang kamu perbuat.

Allah juga menegaskan bahwa perbuatan sekecil apapun tentu diperlihatkan. Sebagaimana firmanNya;

فَمَنْيَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَةٍ خَيْرًا يَرَهُ . وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّايَرَهُ

Artinya;

Maka siapa saja yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun niscaya dia akan melihatnya. Dan siapa saja yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrahpun niscaya dia akan melihatnya pula.

Demikian itulah firman Allah dan saat kita berada pada peradilan Allah, kita tidak dapat memungkiri barang sedikitpun dari apa yang telah kita kerjakan di dunia ini. Hari-hari akan menjadi saksi, sebagaimana yang disampaikan Rosululloh saw;

يُنَادِىْ كُلُّ يَوْمٍ . اَنَايَوْمٌ جَدِيْدٌ  وَاَنَا عَلىَ مَاتَعْمَلُ شَهِيِدٌ

Artinya;

Semua hari masing-masing berseru; kini jadilah aku suatu hari yang baru, sekaligus sebagai saksi amal-amal yang kalian lakukan.

Dan anggota tubuh kita juga akan menjadi saksi atas amal perbuatan yang pernah kita lakukan. Sebagaimana firman Allah;

اَلْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلى اَفْوَاهِهِمْ  وَتُكَلِّمُنَا اَيْدِيْهِمْ وَتَشْهَدُ اَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ

Artinya;

Pada hari ini kami bengkam mulut mereka, yang berbicara dengan kami justru tangan mereka, dan kaki merekapun menjadi saksi tentang amal perbuatan mereka.

Hadirinalkirom rohimakumulloh,…

Hidup kita di dunia ini bagaikan kita bercocok tanam, yang akan kita tuai atau kita panen besok di akhirat. Jika kita menanam kebaikan insyaallah kita akan menuai kebaikan dan sebaliknya jika kita menanam kejelekan kitapun akan menuai kejelekan.

Amal jelek akan dibalas dengan siksa dan amal baik akan dibalas dengan nikmat di sorga.

Oleh karena itu marilah kita sama-sama meneliti kembali, bagaimana amal perbuatan yang telah kita lakukan. Jika terasa masih banyak yang kurang baik, marilah kita segera bertobat dan kita tambal dengan amal kebagusan, sebelum kita terlambat. Dan semoga Allah menunjukkan jalan yang benar bagi kita semua. Aamiin yaa robbal ‘aalamiin.

جَعَلَنَااللهُ وَاِيَّاكُمْ مِنْ عِبَادِهِ الصَّالِحِيْنَ . وَاَدْخَلَنَا وَاِيَّكُمْ فِى زُمْرَةِ الْفَائِزِيْنَ . اَعُوْذُبِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجَيْـمِ  . رَبِّ اجْعَلْنِىْ مُقِيْمَ الصَّلوةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِىْ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءْ . رَبَّنَااغْفِرْلِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الْحِسَابْ

بَارَكَ اللهُ لِى وَلَكُمْ فِى الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ . وَنَفَعَنِىْ وَاِيَّاكُمْ ِبمَافِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِالْحَكِيْــمِ.  وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْوَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْـنَ

2 comments on “Peradilan Sejati

  1. Semoga Allah SWT menyelamatkan kita semua dari adzad neraka, amiin

  2. Kalo baca artikel ini, jadi inget artikel ana tentang “Luasnya neraka” ;)

    Kedai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: