1 Komentar

Membaca Al Quran Ibadah yang Utama

RamadhanBelajar Al Quran bagi umat islam adalah wajib hukumnya. Untuk itu, jangan sampai  di antara umat islam tidak mau mempelajarinya higga menjadi buta baca Al Quran. Dan marilah kita arahkan anak cucu kita agar mau dan senang belajar mengaji. Alangkah senang dan gembiranya sebagai orang tua yang putra-putrinya dan anak cucunya dapat membaca Al Quran dengan baik dan fasih. Sebab dia akan mendapatkan bagian pahala dari keberhasilan anak cucunya.

Ramadhan

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

اَلْحَمْدُ لِلّهِ الَّذِىْ اَنْزَلَ الْقُرْآنَ وَشَرَفَنَا  بِحِفْظِهِ وَتِلاَ وَتِهِ . وَتَعَبَّدَنَا بِتَجْوِيْدِهِ وَتَحْرِيْرِهِ  وَجَعَلَ ذلِكَ مِنْ اَعْظَمِ عِبَادَتِهِ . اَشْهَـدُ اَنْ لاَاِلـهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَـرِيْكَ لَـهُ  الَّذِىْ جَعَلَ الْقُرْآنَ اَفْضَلَ كُتُبِهِ الْجَلِيْلَةِ اَنْزَلَهُ عَلىَ خَيْرِ خَلْقِهِ عَامَّةً . وَبَعَثَهُ بِهِ اِلىَ خَيْرِ اُمَّةٍ . شَهِدَ بِهِ كِتَابُهُ الْمُبِيْنُ . عَلىَ لِسَانِ رَسُوْلِهِ الصَّادِقُ اْلاَ مِيْنُ . جَعَلَهُ كِتَابًا فَارِقًا بَيْنَ الشَّكِّ وَالْيَقِيْنِ . وَاَشْـهَدُاَنَّ مُحَمَّدًاعَـبْدُه وَرَسُوْلُهُ  صَاحِبُ الرِّسَالَةِ الْخَلِدَةِ  وَالْمُعْجِزَةِ الْبَاقِيَةِ . اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّـمْ عَلىَ سَـيِّـدِنَا وَمَوْلاَ نَا مُحَمَّدٍوَعَلى آلِـهِ وَاَصْحَابِهِ الَّذِيْنَ تَلَقَّوُ الْقُرآنَ مِنْ فِيْهِ غَضًّا طَرِيًّا فَجَمَعُوْهُ فِى صُدُوْرِ هِمُ السَّلِيْمَةِ  وَصُحُفِهِ الْمُطَهَّرَةِ

اَمَّا بَعْدُ :  فَيَـاعِبَـادَالله!!   اِتَّـقُـوااللهَ حَقَّ تُـقَاتِه فِى السِّرِّ وَالْعَلَنِ . وَاعْلَمُوْااَنَّ مِنْ اَفْضَلِ عِبَادَةِ هذِهِ اْلاُ مَّةِ تِلاَ وَةَ الْقُرْآنِ . فَاقْرَؤُامَاتَيَسَّرَ مِنْهُ وَاِنَّهُ يَأْ تِىيَوْمَ القِيَامَةِ شَفِيْعًا ِلاَ صْحَابِهِ

Hadirinalkirom rohimakumulloh,..

Marilah kita selalu bertaqwa kepada Allah SWT, dan meningkatkan ketaqwaan itu dengan senantiasa menambah ketaatan kita kepada-Nya dalam melaksanakan perintah-perintah-Nya dan meninggalkan larangan-larangan-Nya dengan penuh kesadaran, kesabaran dan ketulusan hati. Semoga kita termasuk dalam golongan orang-orang yang selamat dan bahagia hidupnya di dunia dan akhirat.

Hadirinalkirom rohimakumullah,..

Ketahuilah bahwa membaca Al Quran adalah termasuk ibadah yang paling utama bagi umat Islam diantara ibadah-ibadah yang lain. Dan besok di hari kiamat Al Quran akan datang menolong as-habnya, yaitu termasuk orang-orang yang membacanya. Untuk itu marilah kita biasakan membaca Al Quran setiap hari, baik siang, malam ataupun pagi hari. Dan dimana saja kita berada baik di rumah, di musholla, surau-surau atau di masjid. Juga dalam kesempatan apapun, baik ketika sendirian, dalam perkumpulan, dalam suatu acara atau ketika kita punya hajat yang baik, Al Quran sangat baik dibaca di sana.

Mengenai keutamaan membaca Al Quran dapat kita lihat hadis Rasulullah SAW :

اِقْرَؤُاالْقُرْآنَ  فَاِنَّهُ يَأْتِىْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيْعًا ِلاَ صْحَابِهِ . رواه البخارى ومسلم

Artinya :

Bacalah Al Quran,karena sesungguhnya Al Quran itu nanti di hari kiamat akan datang memberi pertolongan kepada as-habnya.

Hadirinalkirom rohimakumulloh,..

Riwayat Ad Dailami dari Amru Syu’aib menjelaskan hadis Rosulullah SAW :

اِذَا خَتَمَ الْعَبْدُ الْقُرْآنَ صَلَّى عَلَيْهِ عِنْدَ خَتْمِهِ سَبْعُوْنَ اَلْفِ مَلَكٍ

Artinya :

Apabila seseorang menghatamkan Al Quran, maka pada saat hatamnnya itu tujuh puluh ribu Malaikat memohonkan rahmat untuknya.

Hal ini menandakan bahwa do’a yang dibaca seseorang yang membaca Al Quran sampai hatam itu mempunyai harapan besar untuk diterima oleh Allah SWT. Mengingat tujuh puluh ribu malaikat yang tak pernah maksiat ikut mengamini do’anya.

Hadirinalkirom rohimakumulloh,..

Mengingat begitu besarnya dan banyaknya keutamaan membaca Al Quran, maka sangat rugi sekali jika kita umat islam masih ada yang belum dapat membacanya. Bagi kita yang sudah mampu membacanya, marilah Al Quran itu kita baca setiap hari dan sebanyak-banyaknya serta kita usahakan dapat istiqomah.

insyaAllah nanti kita akan merasakan manfaatnya. Adapun di antara kita yang masih belum mampu membacanya, marilah kita belajar dengan baik pada seorang yang ahli dalam bidang ini. Belajar Al Quran adalah perbuatan yang amat baik. Sebagaimana hadis diriwayatkan oleh Imam Bukhori dari sahabat Usman bin Affan ra. :

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ .  رواه البخارى

artinya :

Sebaik-baik kalian ialah orang-orang yang belajar Al Quran dan mengajarkannya. (HR. Bukhori)

Belajar Al Quran bagi umat islam adalah wajib hukumnya. Untuk itu, jangan sampai  di antara umat islam tidak mau mempelajarinya higga menjadi buta baca Al Quran. Dan marilah kita arahkan anak cucu kita agar mau dan senang belajar mengaji. Alangkah senang dan gembiranya sebagai orang tua yang putra-putrinya dan anak cucunya dapat membaca Al Quran dengan baik dan fasih. Sebab dia akan mendapatkan bagian pahala dari keberhasilan anak cucunya.

Sebagaimana riwayat Imam Thabrani dari anas : barang siapa mengajari anaknya membaca Al Quran secara bacaan, maka baginya diberi pengampunan atas dosa-dosanya yang berlalu dan yang terakhir. Barang siapa mengajarinya (yaitu si anak) secara zhahir, maka ketika si anak membaca atu ayat, dengan bacaan satu ayat itu Allah meninggikan derajat untuk ayahnya, hingga ia menyelesaikan sampai akhir yang terus menyertainya dari Al Quran.

Hadirinalkirom rohimakumulloh,…

Setelah kita mampu membaca Al Quran dengan baik dan fasih akan lebih baik lagi jika kita mau mendalaminya, yaitu memahami dan mengamalkan isi kandungan Al Quran yang kita baca. Sehingga tindakan kita sehari-hari sesuai dengan yang diisyaratkan oleh Allah SWT. Kehidupan kita akan menjadi kehidupan yang Qur’ani, suatu kehidupan yang diridhoi Allah. Allah berfirman di dalam Al Quranulkarim :

اِنَّ هذَاالْقُرْآنَ يَهْدِىْ لِلَّتِىْ هِيَ اَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِيْنَ الَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ الصَّالِحَاتِ اَنَّ لَهُمْ اَجْرًا كَبِيْرًا

Artinya :

Sesungguhnya Al Quran ini memberi petunjuk pada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal sholeh bahwa bagi mereka pahala yang besar.

اَعُوْذُبِاللهِ مِـنَ الشَّـيْـطَانِ الرَّجِـيْـمِ. بِسْـمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْـمِ . اَلَّذِيْنَ  اتَيْنَا هُمُ الْكِتَابَ يَتْلُوْنَه حَقَّ تِلاَ وَتِه  اَولئِكَ يُؤْمِنُوْنَ بِه وَمَنْ يَكْفُرْ بِه فَاُولئِكَ هُمُ الْخَاسِرُوْنَ

بَارَكَ اللهُ لِى وَلَكُمْ فِى الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ . وَنَفَعَنِىْ وَاِيَّاكُمْ ِبمَافِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِالْحَكِيْــمِ. وَتَقَبَّلْ مِنِّى وَمِنْكُمْ تِلاَ وَتَهُ   اِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ . وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْوَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْـنَ

One comment on “Membaca Al Quran Ibadah yang Utama

  1. Bagus sekali pak :D
    Imam syafi’i khatam alqur’an 60 kali di bulan ramadhan :D
    Kita bisa kek gitu g’ ya?!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: