Tinggalkan komentar

Idul Fitri Saling Membantu Sesama

idulfitri02Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah yang mungkar, mendirikan sholat, menunaikan zakat, dan mereka taat kepada Allah dan RosulNya, mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

idulfitri02

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ. اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ.  اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ. اَللهُ اَكْبَرُ كَبِيرًاوَالْحَمدُللهِ كَثِيرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيلاً. لاَاِلهَ اِلاَّاللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ وَللهِ الْحَمْدُ

اَلْحَمْدُلِلّهِ الَّذِىْ شَرَعَ لِعِبَادِهِ مَوَاسِمَ مُبَارَكَةً. يَفْرَحُ فِيْهَا الطَّائِعُوْنَ وَيَسُرُّفِيْهَاالْمُؤْمِنُوْنَ. وَمِنْ هَذِهِ الْمَوَاسِمِ مَاشَرَعَ لَهُمْ مِنَ اْلاَعْيَادِ الْمُبَارَكَةِ الَّتِىْ نَعُوْدُعَلَيْهِمْ مَرَّتَيْنِ كُلَّ سَنَةٍ وَتَكَرَّرَعَلَيْهِمْ بِالْخَيْرِوَالْفَضْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَالْبَرَكَةِ فِى الْفِطْرِ بَعْـدَصِيَـامِ رَمَضَـانَ. اَشْهَدُاَنْ لاَاِلهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ . وَاَشْهَدُاَنَّ سَيِّدَنَامُحَمَّدًا عَبْدُهُ

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًاكَثِيْرًا

اَمَّا بَعْدُ : فَيَااَ يُّهَاالنَّاسِ !! اِتَّقُوااللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَتَمُوْتُنَّ اِلاَّوَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

وَاعْلَمُوْااَنَّ يَوْمَكُمْ هَذَايَوْمُ عِيْدِالْفِطْرِ. وَاَنَّ الْعِيْدَفِى اْلاِسْلاَمِ عِيْدُالْفِكْرَةِ الْعَابِدَةِ لاَعِيْدُالْفِكْرَةِ الْعَابِثَةِ. وَاَنَّ الْعِيْدَهُوَاِثْبَاتُ اْلاُمَّةِ وُجُوْدِهَاالرُّوْحَانِىْ فِى اَجْمَلِ مَعَانِيْهِ. لاَاِثْبَاتُ وُجُوْدِهَاالْحَيَوَانِى فِى اَكْثَرِ مَعَانِيْهِ . وَاَنَّ الْعِيْدَهُوَيَوْمُ الْمَبْدَا لاَيَوْمُ الْمَادَّةِ. وَاَنَّ الْعِيْدَهُوَفَرْحَةُ الْمُسْلِمِ بِتَوْفِيْقِ اللهِ لَهُ فِى اَدَاءِ مَاافْتَرَضَهُ عَلَيْهِ

Allohuakbar Allohuakbar Allohuakbar Allohuakbar walillahilhamd.

Hadirinalkirom rohimakumulloh,..

Marilah kita senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT, dengan sebenar-benarnya taqwa, yaitu menjalankan segala yang diperintahkan oleh Allah dan menjahui segala laranganNya. Dan janganlah kita meninggalkan dunia ini kecuali tetap dalam keadaan iman dan Islam.

Allohuakbar Allohuakbar Allohuakbar Allohuakbar walillahilhamd.

Hadirinalkirom rohimakumulloh,..

Ketahuilah, bahwa hari ini adalah hari besar Islam, hari raya Idul Fitri, suatu hari dimana umat Islam kembali pada fitrahnya setelah sebulan penuh menjalankan puasa Romadlon. Id dalam Islam mempunyai arti kembalinya umat Islam kepada  keadaan yang sebenarnya sebagai hamba Allah, kembali pada kesadaran beribadah dan bukan kembali mengikuti hawa nafsu yang mengajak pada kerusakan. Id juga berarti memantapkan unsur rohani umat Islam dalam berbagai arti positip, dan bukan dalam berbagai arti negatif. Id  juga berarti suatu hari yang memulai lembaran baru yang lebih baik, dan bukan yang lebih jelek. Id berarti pula suatu kebahagiaan bagi seorang muslim karena mendapatkan pertolongan Allah dapat menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh yang diwajibkan atas dirinya.

Allohuakbar Allohuakbar Allohuakbar Allohuakbar walillahilhamd.

Hadirinalkirom rohimakumulloh,..

Dengan datangnya hari raya Idul Fitri, hari yang sangat  berbahagia bagi kita kaum muslimin, marilah kita bersyukur kepada Allah SWT. Sebab hari ini merupakan hari kemenangan, dimana kita semua selama satu bulan penuh berhasil menunaikan ibadah puasa dengan sempurna. Bahkan kita telah berhasil meningkatkan amal sholeh; menjalankan sholat tarawih, sholat tahajjud, tadarus Al Quran, memperbanyak sedekah dan sebagainya. Selain itu kita juga telah berhasil memerangi hawa nafsu dan menjahui segala kemaksiatan. Dan orang-orang yang yang mampu mengalahkan hawa nafsunya, maka tempat tinggalnya adalah di surga.

قَالَ اللهُ تَعَالىَ

وَاَمَّامَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ الْهَوَى   فَاِنَّ الْجَنَّةِ هِىَ الْمَأْوَى

Artinya:

Dan adapun orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal(nya). (QS An-Naazi’aat : 40-41)

Sebaliknya, orang-orang yang kandas dan bertekuk lutut menghadapi godaan hawa nafsunya, nerakalah yang akan menjadi tempat tinggalnya.

وَقَالَ اللهُ تَعَالىَ

فَأَمَّامَنْ طَغَى  وَاَثَرَالْحَيَوةَ الدُّنْيَافَاِنَّ الْجَحِيْمَ هِىَ الْمَأْوَى

Artinya:

Adapun orang yang melampaui batas dan lebih mengutamakan kehidupan dunia, maka sesungguhnya nerakalah tempat tinggal(nya). (QS An-Naazi’aat: 37-39)

Allohuakbar Allohuakbar Allohuakbar Allohuakbar walillahilhamd.

Hadirinalkirom rohimakumulloh,..

Dalam suasana hari raya yang penuh dengan kegembiraan ini marilah kita tingkatkan kesadaran kita, bahwa kita sebagai manusia yang hidup bermasyarakat harus menanamkan sifat saling bantu membantu, hidup gotong royong  dan saling tolong menolong ikut memperhatikan kepentingan orang lain, agar sempurna iman kita.

Rosululloh SAW bersabda:

لاَيُؤْمِنُ اَحَدُكُمْ  حَتَّى يُحِبَّ ِلاَخِيْهِ مَايُحِبُّ لِنَفْسِهِ

Artinya:

Belum sepurna iman seseorang dari kalian hingga dia mencintai untuk saudaranya apa yang dia cintai untuk dirinya. (HR Bukhori)

Rosululloh SAW, juga bersabda:

مَااَمَنَ رَجُلٌ بَاتَ شَعْبَانَ  وَجَارُهُ جَائِعٌ اِلىَ جَانِبِهِ وَهُوَ يَعْلَمُ

Artinya:

Tidaklah beriman dengan baik orang bermalam dengan perut kenyang, sedangkan tetangganya berbaring dalam keadaan lapar, sedang ia mengetahui keadaan tetangganya.

Allohuakbar Allohuakbar Allohuakbar Allohuakbar walillahilhamd.

Hadirinalkirom rohimakumulloh,..

Demikian pula masalah amaliah, apabila ada salah seorang dari saudara kita yang belum  mau berbuat taat kepada Allah, maka tugas kita harus mengajaknya dan memberi nasehat kepadanya agar mau bersama kita menggunakan umurnya untuk taat kepada Allah SWT.

Allah berfirman di dalam Al Quranulkariim:

وَالْمُؤْمِنُوْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ بَعْضُهُمْ اَوْلِيَاءُ بَعْضٍ  يَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُقِيْمُوْنَ الصَّلاَةَ وَيُؤْتُوْنَ الزَّكَاةَ وَيُطِيْعُوْنَ اللهَ وَرَسُوْلَهُ  اَولئِكَ سَيَرْحَمُهُمُ اللهُ    اِنَّ اللهَ عَزِيْزٌحَكِيْمِ

Artinya:

Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah yang mungkar, mendirikan sholat, menunaikan zakat, dan mereka taat kepada Allah dan RosulNya, mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Allohuakbar Allohuakbar Allohuakbar Allohuakbar walillahilhamd.

Akhirnya, semoga Allah memberikan kekuatan kepada kita semua, sehingga mampu mempertahankan kemenangan yang kita raih di hari Idul Fitri ini. Mudah-mudahan petunjuk dan pertolongan Allah senantiasa tercurahkan kepada kita semua, sehingga terasa ringan berbuat kebajikan, bersedekah, mendirikan sholat, menunaikan zakat, berdzikir, bertasbih, dan mengagungkan Allah. Aamiin yaa robal ‘aalamiin.

جَعَلَنَااللهُ وَاِيَّاكُمْ مِنَ الْعَائِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ وَالْمَقْبُوْلِيْنَ وَاَدْخَلَنَا وَاِيَّاكُمْ فِى زُمْرَةِ عِبَادِهِ الصَّالِحِيْنَ

اَعُوْذُبِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. قَدْاَفْلَحَ مَنْ تَزَكَّى وَذَكَرَاسْـمَ رَبِّهِ فَصَلَّى  بَلْ تُؤْثِرُوْنَ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا وَاْلاَخِرَةُ خَيْرٌوَاَبْقَى

بَارَكَ اللهُ لِى وَلَكُمْ فِى الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ . وَنَفَعَنِىْ وَاِيَّاكُمْ ِبمَافِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِالْحَكِيْــمِ  وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْوَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْـنَ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: