Tinggalkan komentar

Saling Bermaafan di Hari Fitri

idulfitri01Kita menyadari bahwa sedikit banyak manusia tidak luput dari perbuatan-perbuatan salah, baik terhadap Allah maupun kepada sesama manusia. Dan Allah memberi jalan keluar denga menyeru kepada semua manusia agar mau menebus kesalahan-kesalahannya dengan memohon ma’af  kepada Allah dan kepada sesama manusia.

idulfitri01

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

اَلْحَمْدُلِلّهِ الَّذِىشَرَعَ لِعِبَادِهِ مَوَاسِمَ مُبَارَكَةً. يَفْرَحُ فَيْهَا الطَّائِعُوْنَ وَيَسُرُّفِيْهَاالْمُؤْمِنُوْنَ. وَمِنْ هَذِهِ الْمَوَاسِمِ مَاشَرَعَ لَهُمْ مِنَ اْلاَعْيَادِ الْمُبَارَكَةِ الَّتِى نَعُوْدُعَلَيْهِمْ مَرَّتَيْنِ كُلَّ سَنَةٍ وَتَكَرَّرَعَلَيْهِمْ بِالْخَيْرِوَالْفَضْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَالْبَرَكَةِ فِى الْفِطْرِ بَعْدَصِيَامِ رَمَضَانَ . اَشْهَدُاَنْ لآاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْـدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ  وَاَشْهَدُاَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًاكَثِيْرًا

اَمَّا بَعْدُ : فَيَااَ يُّهَاالنَّاسِ !! اِتَّقُوااللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَتَمُوْتُنَّ اِلاَّوَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Hadirinalkirom rohimakumulloh, …

Marilah kita bersama-sama meningkatkan taqwa kita kepada Allah SWT, dengan sebenar-benarnya taqwa, yaitu menjalankan segala yang diperintahkan oleh Allah dan menjahui segala laranganNya. Dan janganlah kita meninggalkan dunia ini kecuali tetap dalam keadaan iman dan Islam.

Hadirinalkirom rohimakumulloh,..

Dengan datangnya hari raya Idul Fitri, hari yang sangat  berbahagia bagi kita kaum muslimin, marilah kita bersyukur kepada Allah SWT. Sebab saat ini merupakan kemenangan, dimana kita semua selama satu bulan penuh berhasil menunaikan ibadah puasa dengan sempurna. Bahkan kita telah berhasil meningkatkan amal sholeh; menjalankan sholat tarawih, sholat tahajjud, tadarus Al Quran, memperbanyak sedekah dan sebagainya. Selain itu kita juga telah berhasil memerangi hawa nafsu dan menjahui segala kemaksiatan. Dan orang-orang yang yang mampu mengalahkan hawa nafsunya, maka tempat tinggalnya adalah di surga.

قَالَ اللهُ تَعَالىَ

وَاَمَّامَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ الْهَوَى   فَاِنَّ الْجَنَّةَ هِىَ الْمَأْوَى

Artinya:

Dan adapun orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal(nya). (QS An-Naazi’aat : 40-41)

Hadirinalkirom rohimakumulloh,..

Dalam suasana hari raya yang masih hangat kita rasakan ini, marilah saling bersilaturahmi, mengunjungi saudara, sanak famili, tetangga dan para sahabat, karena hal semacam ini sangat besar manfaat dan pengaruhnya untuk menambah erat tali persaudaraan. Lebih-lebih kegiatan yang demikian ini untuk saling meminta dan memberi ma’af yang akan membentuk pribadi yang luhur.

Dengan demikian kita telah mengamalkan firman Allah di dalam Al Qur’an.

وَالْكَاظِمِيْنَ الْغَيْظَ وَالْعَافِيْنَ عَنِ النَّاسِ  وَاللهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنِ

Artinya :

Yang menahan amarahnya dan mema’afka orang lain, dan Allah cinta kepada orang-orang yang berbuat baik. (Ali Imran 134)

Kita menyadari bahwa sedikit banyak manusia tidak luput dari perbuatan-perbuatan salah, baik terhadap Allah maupun kepada sesama manusia. Dan Allah memberi jalan keluar denga menyeru kepada semua manusia agar mau menebus kesalahan-kesalahannya dengan memohon ma’af  kepada Allah dan kepada sesama manusia.

Allah berfirman di dalam Al Qur’anulkariim :

وَسَارِعُوْا اِلىَ مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَاالسَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ اُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِيْنَ

Artinya :

Cepat-cepatlah kamu sekalian mencari ampunan Tuhanmu dan sorga yang lebarnya seluas beberapa langit dan bumi itu disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa. (Ali Imran 133)

Hadirinalkirom rohimakumulloh,..

Dalam suasana yang penuh dengan kerendahan hati ini, akan lebih baik lagi jika setiap kita bertemu dengan sesama muslim saling meminta maaf dan berjabat tangan, sehingga akan semakin terkikislah dosa-dosa kita. Sebagaimana Sabda Rosululloh saw. :

مَامِنْ مُسْلِمَيْنِ يَلْتَقِيَانِ فَيَتَصَافَحَانِ اِلاَّ غُفِرَلَهُمَا قَبْلَ اَنْ يَتَفَرَّقَا

Artinya :

Tiada dua orang muslim yang bertemu, kemudian berjabat tangan melainkan diampunkan dosa keduanya sebelum mereka berpisah. (HR Abu Dawud)

Dalam hari raya Idul Fitri yang penuh dengan kegembiraan dan keberkahan ini, marilah kita melaksanakan amalan mulia, bersilaturahmi untuk saling bermaaf-maafan kepada siapa saja yang perlu kita meminta maaf kepadanya. Karena perbuatan semacam ini merupakan bukti kebenaran iman seseorang.

Rasulullah saw. Bersabda :

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ اْلاَخِرِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Artinya :

Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah menyambung tali silaturahmi.

Mudah-mudahan petunjuk dan pertolongan Allah senantiasa tercurahkan kepada kita semua, sehingga terasa ringan berbuat kebajikan, dan saling maaf-memaafkan diantara kita. Aamiin yaa robal ‘aalamiin.

جَعلَنَاَاللهُ وَاِيَّاكُمْ مِنَ الْعَائِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ وَالْمَقْبُوْلِيْنَ وَاَدْخَلَنَا وَاِيَّاكُمْ فِى زُمْرَةِ عِبَادِهِ الصَّالِحِيْنَ

اَعُوْذُبِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. قَدْاَفْلَحَ مَنْ تَزَكَّى وَذَكَرَاسْـمَ رَبِّهِ فَصَلىَّ  بَلْ تُؤْثِرُوْنَ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا وَاْلاَخِرَةُ خَيْرٌوَاَبْقَى

بَارَكَ اللهُ لِى وَلَكُمْ فِى الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ . وَنَفَعَنِىْ وَاِيَّاكُمْ ِبمَافِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِالْحَكِيْــمِ  وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْوَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْـنَ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: