5 Komentar

Logika Timer untuk PLC Traffic Light

bdkTL

Timer dapat digunakan juga untuk melogikakan penyalaan lampu pada traffic light. Kita dapat menggunakan logika penyalaan lampu berjalan untuk menyalakan lampu Hijau dan Kuning, sedangkan Merahnya dapat dilogikakan kebalikannya. Sebagai contoh kita gunakan penyalaan enam variasi, hijau-kuning-hijau-kuning-hijau-kuning. Dan membuat dua penyalaan lagi sebagai flash agar lampu kuning dapat berkedip saat menyala. Untuk lebih jelasnya dapat diperhatikan diagram ladder berikut ini.

plcsp30k

X1 sebagai masukan untuk saklar ON-OFF. M0 digunakan sebagai output bayangan untuk mengontrol semua rung. T1 sampai T6 digunakan untuk control penyalaan enam lampu sebagaimana variasi tersebut di atas dan waktu yang digunakan dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi (cukup mengatur nilai K). T7 dan T8 digunakan untuk mengontrol flash dengan output bayangan M1. M1 inilah yang akan digunakan untuk mengontrol kedip lampu kuning.

Setelah itu barulah kita buat logika penyalaan lampu-lampu yang dibutuhkan. Pada diagram ladder di atas, terpasang keluaran sebagai berkut :

Y0   = Hijau 1

Y1   = Kuning 1

Y2   = Merah 1

Y3   = Hijau 2

Y4   = Kuning 2

Y5   = Merah 2

Y6   = Hijau 3

Y7   = Kuning 3

Y10 = Marah 3

Dari susunan rung pada diagram ladder tersebut akan didapatkan hasil penyalaan sebagaimana contoh penyalaan pada gambar paling atas. Jika menginginkan penyalaan yang lebih banyak, dapat menambahkan variasi timernya. Program sederhana ini paling mudah untuk diterapkan pada berbagai PLC.

5 comments on “Logika Timer untuk PLC Traffic Light

  1. thanks ya dah bntu aku….
    oh ya klo program ttg diagram leadder downloadnya dimana ya?

  2. kalau penyalaan seperti gambar diatas tidak dapat diterapkan jika kondisi persimpangan padat karena tidak ada jeda pada persimpangan agar persimpangan tersebut menjadi kosong dulu.
    kalau terjadi perpindahan pola penyalaan lampu pada grup 1 dari hijau ke merah seharusnya grup yang akan menyala hijau tidak langsung menyala hijau tetapi masih merah dulu kira-kira selama 3 detik untuk mengosongkan area persimpangan.

  3. sepertinya bisa ditambahkan delay on untuk menunda penyalaan lampu hijau pada masing2 keluarannya, sebagai sela waktu sesuai keinginan.

  4. terima kasih banyak
    dengan ini saya mudah untuk mengerjakan tugas saya…

    kalo mendownload soft were PLC nya di mana yaa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: