2 Komentar

Idul Adha Gemar Berkurban

8678-004-10-1047Selain taat, peristiwa qurban juga mengandung hikmah agar kita gemar berkorban untuk kepentingan orang banyak yang akan menumbuhkan persatuan dan kesatuan, baik berupa sedekah maupun sedekah jariyah. Dan perlulah kita ketahui bahwa shodaqoh jariyah, yang berupa membantu membangun masjid, membantu pembangunan musholla, membuat jalan dsb. Baik berupa tenaga, pikiran dan harta benda, insyaAllah pahalanya akan terus mengalir walaupun telah meninggalkan dunia ini.

8678-004-10-1047

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ. اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ.  اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ. اَللهُ اَكْبَرُ كَبِيرًاوَالْحَمدُللهِ كَثِيرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيلاً. لاَاِلهَ اِلاَّاللهُ وَاللهُ اَكْبَرُ اَللهُ اَكْبَرُ وَللهِ الْحَمْدُ.

اَلْحَمْدُلِلّهِ حَقَّ حَمْدِهِ. اَمَرَخَلِيْلَهُ بِذَبْحِ ابْنِهِ اِحْكَامًالِقُدْرَتِهِ. اَشْهَدُاَنْ لآاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْـدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ  اِيْمَانًابِوَحْدَانِيَّتِهِ.  وَاَشْهَدُاَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ  اَرْسَلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلىَ الدِّيْنِ كُلِّهِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلىَ سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ.

اَمَّا بَعْدُ :   فَيَااَ يُّهَاالنَّاسِ !!    اِتَّقُوااللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَتَمُوْتُنَّ اِلاَّوَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. وَاعْلَمُوْااَنَّ يَوْمَكُمْ هَذَايَوْمُ الْعِيْدِاْلاَكْبَرُ. وَيَوْمُ الْحَخِّ اْلاَفْخَرِ. وَشَعَائِرُالدِّيْنِ اْلاَزْهَرِ. فَعَظِّمُوْهُ بِاتَّكْبِيْرِ وَالتَّهْلِيْلِ وَالتَّحْمِيْدِ. تَنَالُواالْمَغْفِرَةَ وَالرَّحْمَةَ مِنَ الْغَفُوْرِالرَّحِيْمِ

Allohuakbar, Allohuakbar, Allohuakbar,..

Hadirinalkirom rohimakumulloh,..

Marilah kita bersama-sama meningkatkan taqwa kita kepada Allah SWT di dalam segala perbuatan kita. Dan ketahuilah bahwa hari ini adalah hari raya yang akbar. Hari ini dinamakan yaumun nahri, yaitu hari sembelihan, karena di hari ini dimulai sembelihan untuk kurban. Dinamakan yaumul adha karena hari tersebut hewan-hewan yang dikurbankan bisa disembelih pada hari tasyrik. Dinamakan idul kurban karena pengurbanan umat islam berupa sembelihan; kambing, sapi, atau unta. Dan dinamakan hari yang agung karena di mana-mana di seluruh dunia ramai dengan pembacaan takbir, yaitu kalimat yang mampu menghancurkan kemusyrikan, yang merupakan ciri khas ummat Muhammad SAW.

Allohuakbar, Allohuakbar, Allohuakbar,..

Hadirinalkirom rohimakumulloh,..

Pada yaumul ‘idil akbar inilah Allah SWT menguji nabi Ibrohim as. Supaya menyembelih putranya nabi Ismail as. Di dalam peristiwa ini terkandung hikmah yang sangat besar yang dapat kita jadikan pelajaran sebagai pedoman hidup kita bersama. Salah satu perkara yang sangat menonjol dari peristiwa qurban ialah taatnya nabi Ibrohim as. Kepada Allah SWT. Meskipun diperintah untuk melaksanakan perkara yang sangat berat, akan tetapi tetap taat.

Nabi Ibrohim as. Dengan ikhlas melaksanakan penyembelihan terhadap putranya terkasih. Olehkarena itu, marilah kita bersama-sama meneladani ketaatan nabi Ibrohim as. Marilah bersama-sama taat kepada Allah SWT dan kita jadikan taat kepada Allah ini sebagai landasan hidup kita yang paling utama. Dan Allah akan memberikan kedudukan yang tinggi bagi orang-orang yang taat, sebagaimana firmanNya di dalam Al Quranulkariim:

وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَالرَّسُوْلَ فَأُولئِكَ مَعَ الَّذِيْنَ اَنْعَمَ اللهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصَّدِّ يْقِيْنَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّلِحِيْنَ وَحَسُنَ اُولئِِكَ رَفِيْقًا. ذلِكَ الْفَضْلُ مِنَ الله

Artinya:

Dan barangsiapa taat kepada Allah dan rosulNya, maka mereka itu bersama orang-orang yang diberi nikmat oleh Allah yaitu para nabi dan para siddiqin dan para syuhadak dan para sholihin. Dan semuanya itu sebaik-baik teman. Yang demikian itu merupakan karunia dari Allah.

وَقَالَ اللهُ تَعَالىَ فِى الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ

وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَالرَّسُوْلَهُ يُدْخِلْهُ جَنّتٍ تَجْرِىْمِنْ تَحْتِهَا اْلاَنْهَرُ خلِدِيْنَ فِيْهَا وَذلِكَ الْفَوْزُالْعَظِيْمِ

Artinya:

Dan barangsiapa taat kepada Allah dan rosulNya, maka Allah akan memasukkannya ke surga yang dari bawahnya mengalir sungai-sungai. Dan yang demikian itu keberuntungan yang agung.

Berdasarkan firman Allah tersebut, haruslah kita taat kepadanya. Yang mana masalah taat ini haruslah kita dahulukan dan jangan sampai dikalahkan denga urusan dunia.

Allohuakbar, Allohuakbar, Allohuakbar,..

Hadirinalkirom rohimakumulloh,..

Masalah taat ini haruslah kita ingat dan kita perhatikan benar-benar. Karena pada jaman akhir ini, banyak orang yang lebih takut akan kekurangan harta benda daripada takut kekurangan taatnya kepada Allah SWT. Dan orang-orang yang demikian itu tidak akan mendapatkan curahan rahmat dan nikmat dari Allah, karena sesungguhnya segala apa yang ada di dunia ini hanyalah milik Allah SWT. Dan Allah akan melimpahkan rahmat dan nikmatnya kepada hambanya yang taat. Sebagaimana firmanNya di dalam Al Quranulkariim:

وَاَطِيْعُوااللهَ وَالرَّسُوْلَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ

Artinya:

Dan taatlah kepada Allah dan rosulnya agar kamu semuanya mendapatkan rohmat.

Allohuakbar, Allohuakbar, Allohuakbar,..

Hadirinalkirom rohimakumulloh,..

Selain taat, peristiwa qurban juga mengandung hikmah agar kita gemar berkorban untuk kepentingan orang banyak yang akan menumbuhkan persatuan dan kesatuan, baik berupa sedekah maupun sedekah jariyah. Dan perlulah kita ketahui bahwa shodaqoh jariyah, yang berupa membantu membangun masjid, membantu pembangunan musholla, membuat jalan dsb. Baik berupa tenaga, pikiran dan harta benda, insyaAllah pahalanya akan terus mengalir walaupun telah meninggalkan dunia ini. Sebagaimana sabda Rosululloh saw. :

خَيْرُمَاخَلَّفَ اْلاِ نْسَانُ بَعْدَهُ ثَلاَثٌ :  وَلَدٌ صَالِحٌ يَدْعُوْلَهُ . وَصَدَقَةٌ تَجْرِى يَبْلُغُهُ اَجْرَهَا . وَعِلْمٌ يَنْتَفَعُ بِهِ بَعْدِهِ .  رواهابوقتادة

Artinya :

Sebaik-baik perkara yang ditinggalkan oleh seseorang sesudah ia tiada, ada tiga macam : anak sholeh yang mendo’akannya, sedekah jariyah yang pahalanya pasti mengalir sampai kepadanya, dan ilmu yang sudah dimanfaatkan oleh orang lain sesudahnya. (HR Abu Qatadah)

Allohuakbar, Allohuakbar, Allohuakbar,..

Sesungguhnya sedekah dapat memadamkan panasnya kubur dan pada yaumul qiyamah nanti kita bernaung pada sedekah yang kita keluarkan. Rosululloh saw., bersabda :

اِنَّ الصَّدَقَةَ لَتُطْفِئُ عَنْ اَهْلِهَا حَرَّ الْقُبُوْرِ . وَاِنَّمَا يَسْتَظِلُّ الْمُؤْمِنُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فِى ظِلِّ صَدَقَتِهِ

Artinya :

Sesungguhnya sedekah itu benar-benar dapat memadamkan panasnya kubur bagi pelakunya, dan sesungguhnya orang mukmin kelak di hari kiamat hanyalah bernaung dalam sedekahnya. (HR Ath Thabrani)

Oleh karena itu marilah kita tingkatkan ketaatan kita kepada Allah SWT dan kita tingkatkan pula amal-amal jariyah kita sebagai pencerminan pengorbanan kita dengan mengharap keridhoan Allah SWT. Mudah-mudahan semua amal ibadah kita dan pengorbanan kita senantiasa mendapatkan keridhoan Allah SWT.

Allohuakbar, Allohuakbar, Allohuakbar,..

Hadirinalkirom rohimakumulloh,..

Sekali lagi marilah kita perhatikan benar-benar masalah taat dan gemar berkurban ini, kita renungkan kemudian kita amalkan dalam kehidupan kita. Dan marilah kita meneladani peristiwa Idul Qurban ini dengan harapan dikemudian hari kita mendapatkan limpahan rohmat dan nikmat dari Allah SWT. Amiin yaa robbal alamiin.

اَعُوْذُبِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اِنَّااَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ. فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ. اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ اْلاَبْتَرُ

بَارَكَ اللهُ لِى وَلَكُمْ فِى الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ . وَنَفَعَنِىْ وَاِيَّاكُمْ ِبمَافِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِالْحَكِيْــمِ  وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْوَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْـنَ

2 comments on “Idul Adha Gemar Berkurban

  1. Khutbahnya copy cak, saya sebarkan lewat blog saya, nggih ??? suwun gus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: