Tinggalkan komentar

Bahan Renungan di Keheningan 2


وَلا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولا

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya. (QS Al Isra’ : 36)

Rasulullah saw bersabda :

Amal yang paling utama setelah beriman kepada Allah adalah cinta kasih terhadap sesama manusia. (HR. Ath Thabrani)

Dari Abu Hurairah ra., Rasulullah Saw. bersabda:

Peliharalah dirimu dari hal-hal yang diharamkan, niscaya kamu menjadi orang yang paling beribadah, dan relalah dengan apa yang diberikan Allah kepadamu, niscaya kamu menjadi orang yang paling kaya. Berbuat baiklah terhadap tetanggamu, niscaya kamu menjadi orang mukmin. Cintailah orang lain sperti kamu mencintai dirimu sendiri, niscaya kamu menjadi orang muslim. Dan jangan sering tertawa karena tertawa itu dapat mematikan hati. (HR. Ahmad)

Dari Ibnu Mas’ud ra. Rasulullah Saw. bersabda:

Tunaikanlah apa yang telah difardukan Allah atas dirimu niscaya kamu menjadi orang yang paling beribadah. Dan jauhilah apa yang diharamkan Allah, niscaya engkau akan menjadi orang yang paling wara’. Dan relalah terhadap apa yang telah dibagikan Allah untukmu, niscaya engkau menjadi orang yang paling kaya. (HR. Ibnu ‘Addi)

Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah Saw. bersabda:

Kaya yang sesungguhnya bukan karena kebanyakan harta, tetapi kaya yang sesungguhnya adalah kaya jiwa. (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah Saw. bersabda:

Apabila Allah mencintai seorang hamba, maka Dia memberinya cobaan supaya Allah mendengar tadharru’-nya. (HR. Syaikhan)

Dari Anas ra., Rasulullah Saw. bersabda:

Apabila Allah menghendaki kebaikan bagi seorang hamba, maka dia membuatnya memahami agama dan membuatnya berzuhud terhadap duniawi, lalu Dia memperlihatkan kepadanya aib-aib dirinya. (HR. Al Baihaqi)

Dari Ammar Ibnu Yasir ra. Rasulullah Saw. bersabda:

Apabila Allah menghendaki kebaikan bagi hamba-Nya, maka Dia menyegerakan hukuman untuknya di dunia. Dan apabila Dia menghendaki keburukan bagi hamba-Nya, maka Dia menahan hukuman dosanya agar kelah di hari kiamat ia menemui-Nya (HR. Ath Thabrani)

Dari Jabir ra. Rasulullah saw, bersabda :

Selalulah membaca La haula wala quwwata illa billah (tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah). Sesungguhnya bacaan ini dapat menolak Sembilan puluh pintu yang paling rendah di antaranya adalah kesusahan. (HR. Al Uqaili)

Dari Anas ra. Rasulullah saw, bersabda :

Orang yang paling menyesal di hari kiamat adalah seseorang yang diwaktu hidupnya mendapat kesempatan belajar ilmu agama, tetapi ia tidak mau mencarinya, dan seseorang yang mengajarkan ilmu agama lalu yang diajarnya mengamalkannya sedang ia sendiri tidak. (HR. Ibnu Asakir)

Dari Abu Said ra, Rasulullah saw bersabda :

Berilah matamu bagian dari perbuatan ibadah, yaitu melihat mushaf Al Quran (membaca Al Quran) dan memahami isinya serta mengambil pelajaran dari keajaiban-kejaiban. (HR. Al Hakim)

Dari Anas ra. Rasulullah saw bersabda :

Sedekah yang paling utama ialah kamu memberi makan hati yang lapar. (HR. Al Baihaqi)

Rasulullah saw bersabda :

Sedekah yang paling utama ialah seorang muslim belajar suatu ilmu, kemudian mengajarkan kepada muslim lainnya. (HR. Ibnu Majjah)

Rasulullah saw bersabda :

Bersegeralah kalian untuk mencari ilmu agama karena satu hadis yang dikemukakan oleh orang yang jujur merupakan hal yang lebih baik daripada dunia, dan emas, dan perak yang ada di dalamnya. (HR. Ar Rafi’i)

Rasulullah saw bersabda :

Sesungguhnya marah itu termasuk perbuatan setan, dan setan itu diciptakan dari api, sedangkan api hanya dapat dipadamkan dengan air. Oleh karena itu apabila seseorang diantara kalian marah, hendaknya berwudhu, (HR. Abu Daud)

Dari Ibnu Mas’ud ra. Rasulullah saw bersabda :

Janganlah kalian takabur, karena sifat takaburlah yang mendorong iblis tidak mau bersujud kepada Nabi Adam. Janganlah kalian berkeinginan menggebu-gebu, sesungguhnya berkeinginan menggebu-gebu yang mendorong Adam untuk memakan buah terlarang. Dan janganlah kalian dengki, karena kedua anak Adam (Qabil dan Habil) seorang diantaranya membunuh yang lainnya karena terdorong oleh rasa dengki. Sesungguhnya semua sifat yang disebutkan merupakan pangkal setiap perbuatan dosa. (HR. Ibnu Asakir)

Rasulullah saw bersabda :

Belum sempurna iman sesorang hamba sehingga ia meninggalkan dusta sekalipun dalam bergurau, dan meninggalkan perdebatan sekalipun ia benar. (HR. Ahmad)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: