Tinggalkan komentar

Mengganti (Qadha’) Shalat

Pengertian mengganti (mengqadha’) shalat, yaitu seseorang yang tidak dapat mengerjakan shalat fardhu pada waktunya yang telah ditentukan. Mengqadha’ shalat yang fardhu itu adalah suatu keharusan. Hal tersebut dapat terjadi bagi seseorang karena lupa atau lalai hingga shalatnya tidak dikerjakan pada waktunya, karena tidur yang tidurnya lama sekali, atau karena sangat sibuk hingga tidak dapat menunaikan shalatnya, atau karena sebab-sebab yang lain.

Jika seseorang tidak mengerjakan shalat tersebut karena lupa, maka shalat tersebut harus dikerjakan jika telah diingatnya tanpa menunda waktunya dengan waktu yang lain. Telah diriwayatkan bahwa sebagian diantara sahabat Nabi telah tertidur lama sekali waktunya hingga ketinggalan waktu shalatnya. Nabi bersabda :

Sesungguhnya oang yang tidur itu tidak dapat disebut melalaikan (shalat), yang bernama melalaikan yaitu bagi orang yang tidak tidur, maka jika kamu lupa pada shalatnya atau kaena tertidur, maka bershalatlah jika telah ingat. (Al Hadist)

Dalam hadist lain disebutkan :

Jika seorang diantara kamu tidur dalam keadaan tidak bershalat atau karena lupa dari shalat itu, maka bershalatlah jika telah ingat, maka sesungguhnya Allah SWT telah berfirman :

وَأَقِمِ الصَّلَاةَ لِذِكْرِي

(yang artinya) dan Bershalatlah kamu untuk mengingatKu.

Dengan demikian barangsiapa yang meninggalkan shalat dari waktunya yang telah ditentukan, maka yang bersangkutan wajib untuk mengqadha’nya dengan segera tanpa menundanya lagi. Kecuali jika pada waktu itu yang bersangkutan sedang sibuk mencari rejeki, atau karena kewajiban lain yang tidak bisa ditunda lagi.

Oleh karena itu misalkan seseorang yang ketinggalan shalat Asharnya kemudian ternyata ia ingat bahwa shalatnya itu lupa tidak dikerjakan, maka kerjakanlah shalat pada waktu itu tanpa menunda hingga pada waktu Ashar esok harinya. Sebab shalat yang ketinggalan itu serupa dengan hutang yang wajib dibayar, jika yang bersangkutan kuasa untuk melakukannya tanpa menunda waktunya.

Wallahu a’lam

Sumber : Terjemah Kitab Yas aluunak fii ad Diin wa al Hayaah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: