Tinggalkan komentar

Zakat Yang Digunakan Untuk Memugar Masjid

Dalam hal seorang ta’mir masjid meminta sebagian zakat kepada anggota jemaahnya untuk memugar bangunan masjid, terdapat dua pendapat. Ada yang mengatakan boleh dan ada yang mengatakan tidak boleh.

Sementara pendapat Imam Qaffal yang membolehkan bahwa zakat bisa saja digunakan untuk memugar bangunan masjid, madrasah (sekolahan) dan yang lainnya, adalah dinilai lemah (dhaif). Sedangkan pendapat yang tidak membolehkan, sumber keterangannya diambil dari kitab Ahkamul Fuqaha’ jilid I halaman 9, yang artinya sebagai berikut :

Boleh ataukah tidak zakat digunakan sebagai dana untuk memugar bangunan sejenis masjid, madrasah (sekolahan) maupun pondok pesantren. Sebab ketiganya termasuk dalam kategori “Sabilillah” menurut pendapat yang dikutib oleh Imam Qaffal adalah tidak boleh. Sebab yang dikehendaki sabilillah itu adalah mereka yang berperang di jalan Allah. Sementara pendapat yang dikutip oleh Imam Qaffal adalah dinilai lemah (dhaif). Di dalam kitab Rahmatul Ummah disebutkan bahwa para ulama sepakat melarang mengeluarkan zakat untuk membangun masjid ataupun untuk mengkafani mayit. Di dalam tafsir Al Munir jilid I juga disebutkan bahwa Qaffal mengutip pendapat sebagian fuqaha’ dengan mengatakan ; sesungguhnya mereka membolehkan mendapatkan zakat untuk seluruh aspek-aspek kebaikan, yaitu seperti mengkafani mayit, membangun benteng-benteng dan memugar bangunan masjid, sebab firman Allah ta’ala fii sabilillah adalah mencakup keseluruhan, akan tetapi kutipan Imam Qaffal ini dinilai lemah.

Wallahu a’lam

Sumber : Dokmen Penting tentang Masalah Agama Islam (KH Manshur Shaleh)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: