Tinggalkan komentar

Sumbangan Buwuhan Antara Wajib Mengembalikan dan Tidak

Pada umumnya pesta pernikahan atau sejenisnya di dalam masyarakat dikenal adanya sumbangan (buwuhan). Adakah kewajiban untuk mengembalikannya. Dalam hal ini ada dua pendapat, ada yang mengatakan hukumnya wajib mengembalikan sebab sumbangan tersebut dianggap sebagai hutang. Sumber keterangannya diambil dari kitab Bajuri jilid II halaman 132. Dan ada yang mengatakan bahwa hukumnya tidak wajib mengembalikan sebab sumbangan tersebut dinilai sebagai hibah pemberian. Sumber keterangannya diambil dari kitab Fathul Mu’in halaman 72. Masing-masing sebagai berikut :

Sumbangan (kado) yang berlaku di tengah masyarakat saat ikut serta menyambut sebuah pesta, adalah wajib mengembalikan. Adalah laksana hutang. Sementara bagi si penyumbang berhak menuntut kembali. Tidak membawa kesan apa-apa jika berlaku kebiasaan tidak mengembalikannya, sebab bisa menjadi runyam, maka hal itu tidak bisa dijadikan pertimbangan. Ternyata banyak orang yang menyerahkan sumbangan dan berharap dikembalikan kepadanya pada satu tempo, sekalipun dia merasa malu jika harus menagihnya.

Sementara Syaikhua Ibnu Hajar Al Haitsami mengatakan ; Menurut pendapat yang cukup kuat tentang sumbangan yang biasa berlaku di dalam suatu pesta, adalah hibah (pemberian), bukan merupakan hutang sekalipun dalam kebiasaan dikembalikan dengan yang sepadan. Allah SWT berfirman dalam surah Ad Dahr/Al Insan ayat 9 :

إِنَّمَا نُطْعِمُكُمْ لِوَجْهِ اللَّهِ لَا نُرِيدُ مِنكُمْ جَزَاءً وَلَا شُكُورًا

Artinya :

(9) Sesungguhnya Kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan Allah, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih.

Wallahu a’lam

Sumber : Dokmen Penting tentang Masalah Agama Islam (KH Manshur Shaleh)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: