Tinggalkan komentar

Untaian Khutbah Jum’at 02

Pada bagian kedua ini menjelaskan tentang pentingnya mengingat mati.

Pandai-pandainya  manusia  yaitu  orang-orang  yang  paling banyak ingat terhadap mati dan yang paling banyak kehati-hatiannya, orang-orang yang demikian  itulah  orang-orang  yang  pandai, orang  yang demikian   itu   orang yang   mati   dengan   kemulyaan   dunia   dan karomahnya akhirat. Continue Reading »

2 Komentar

Khutbah Kedua Tiap Jum’at (b)

Continue Reading »

Tinggalkan komentar

Untaian Khutbah Jum’at 01

Pada bagian pertama ini menjelaskan tentang pentingnya taqwa kepada Allah.

Perlulah kita ketahui  bahwa   semua   perkara   yang   menguntungkan   di akhirat bersumber dan berdasarkan taqwa.  Karena yang  dinamakan taqwa  adalah melaksanakan perintah Allah  dan menjahui larangan-laranganNya. Dan demikianlah undang-undang syara’. Continue Reading »

3 Komentar

Acara Islami

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Segala macam puji-pujian adalah milik Allah Tuhan semesta alam. KepadaNya kami mohon pertolongan dalam mengatasi urusan keduniaan dan urusan agama. Semoga Allah melimpahkan rahmatNya kepada junjungan kita, Muhammad penghabisan para Nabi, dan juga kepada keluarganya serta semua para sahabatnya. Tiada daya maupun kekuatan melainkan semata-mata hanyalah dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Continue Reading »

2 Komentar

Ada Apa Dengan Tahlil

Berkumpul dalam rangka berdo’a dan menghadiahkan pahala kepada orang yang meninggal dunia, biasa disebut dengan tahlil atau tahlilan. Walaupun sebenarnya arti tahlil itu adalah bacaan “laailaaha illallaah”, penyebutan istilah tersebut dalam sastra Arab disebut dengan istilah “menyebutkan sebagian, tapi yang dimaksud adalah seluruhnya”. Tahlil sendiri adalah sebagian dari beberapa macam dzikir yang dibaca pada acara tersebut.

Budaya tahlil sudah berlangsung lama dan tidak mustahil ia bersamaan dengan datangnya Islam ke negeri ini. Continue Reading »

Tinggalkan komentar

Contoh Penyelenggaraan Tasyakkuran

Bagi yang sudah mulai dimintai bantuan para tetangga, sanak famili dan handai tolan untuk menyelenggarakan acara-acara yang biasa dilakukan di kampung atau tempat tinggal kita masing-masing, mungkin tulisan ini dapat dijadikan pertimbangan. Khususnya untuk penyelenggaraan acara-acara secara tunggal. Berikut ini contoh untuk tasyakkuran. Selebihnya silahkan disesuaikan dengan acaranya. Continue Reading »

2 Komentar

Masalah Salam dalam Penutup Shalat

Salam sebagai penutup shalat adalah salah satu rukun dari beberapa rukun shalat, salah satu kewajiban dari beberapa kewajiban shalat. Tanpa salam, shalat tidak sah menurut madzhab Syafi’i, Malik, Ahmad dan kebanyakan (jumhur) ulama salaf, dan khalaf. Hal ini jelas diterangkan dalam beberapa hadis sahih.

Mengucapkan salam pertama, paling tidak harus mengucapkan “Assalaamu’alaikum” sebagai ittiba’. Sedangkan Continue Reading »